CEK FAKTA: Pasien Kanker Lempar Tas Penuh Uang di Rumah Sakit Agar Nyawanya Selamat

- Jumat, 12 Juni 2020 | 16:44 WIB
Cek Fakta pasien kanker lempar tas berisi uang di koridor rumah sakit agar nyawanya diselamatkan (foto: Istimewa)
Cek Fakta pasien kanker lempar tas berisi uang di koridor rumah sakit agar nyawanya diselamatkan (foto: Istimewa)

Akun Dina Daniati Milagros mengunggah beberapa foto yang menunjukkan banyak uang lembaran warna merah berhamburan di lantai sebuah gedung. Akun Dina juga menambahkan narasi dalam postingan foto itu.

"KETIKA HARTA BUKANLAH SEGALANYA. Poto ini diambil di rumah sakit habrin (tiongkok), seorang pasien kanker membawa tas penuh uang meminta dokter menyelamatkan hidupnya dan dia punya banyak uang untuk membayarnya..
Tapi dokter bilang dia tidak bisa melakukan apapun karena kankernya sudah stadium akhir..
Dia begitu marah dan frustasi sehingga ia melemparkan uang di seluruh koridor rumah sakit. Sambil berteriak : 'apa gunanya memiliki uang....!!! Apa gunanya memiliki uang !!!!
Uang tidak dapat membeli kesehatan, uang tidak dapat membeli waktu, uang tidak dapat membeli kehidupan. Sungguh pelajaran bagi kita untuk selau menjaga kesehatan, beramal kebaikan demi bekal menuju akhirat dan berdoa,supaya umur kita bermanfaat bagi orang lain.. Meskipun pendek ataupun panjang.." tulis Dina pada 8 Juni 2020. 

Adi Syafitrah, salah satu Relawan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) melalukan penelusuran. Dia menelusuri foto-foto yang diposting akun Dina itu dengan tools yang ada di Google.

-
Cek Fakta pasien kanker lempar tas berisi uang di koridor rumah sakit atas nyawanya diselamatkan (foto: Istimewa)

Hasilnya, klaim bahwa ada pasien kanker melemparkan uang di seluruh koridor rumah sakit adalah klaim yang salah. 

"Hasil penelusuran kami, peristiwa dalam foto-foto yang diunggah akun Dina itu memang terjadi di sebuah rumah sakit di Harbin, Cina. Akan tetapi, pemilik uang tersebut bukanlah pasien kanker," jelas Adi dalam ulasan periksa faktanya, Jumat (12/6/2020).

Foto-foto ini, sambung Adi, juga telah beredar di internet sejak 2014. Salah satu situs yang pernah memuat foto-foto tersebut adalah situs news(dot)qq(dot)com pada 5 Juli 2014. Foto-foto itu terdapat dalam sebuah artikel yang ditulis dalam bahasa Tionghoa. Jika diterjemahkan berbunyi "Pria dengan jutaan uang tunai menghancurkan kekasihnya".

Ada empat foto yang dimuat dalam artikel di situs tersebut. Menurut artikel ini, yang mengutip keterangan dari seorang dokter di Rumah Sakit Universitas Kedokteran Harbin II, peristiwa itu terjadi pada 3 Juli 2014 di koridor ruang gawat darurat Rumah Sakit Universitas Kedokteran Harbin I.

Menurut pihak rumah sakit yang diwawancarai wartawan, peristiwa tersebut melibatkan seorang perawat wanita yang bertengkar dengan seorang pria karena masalah pribadi. Walaupun banyak uang yang berserakan di lantai, tidak ada insiden perebutan uang.

Peristiwa tersebut juga diberitakan oleh situs shanghaiist(dot)com dengan judul 'Seorang pria melemparkan 1 juta RMB kepada mantan pacarnya dalam sebuah pertengkaran di rumah sakit'. RMB merupakan singkatan dari Renminbi atau Yuan, mata uang Cina.

Menurut artikel itu, pria yang sudah menikah tersebut melemparkan 1 juta RMB kepada mantan pacarnya, seorang perawat di Rumah Sakit Universitas Kedokteran Harbin, karena ia menerima sebuah mobil BMW baru dari pacarnya yang sekarang.

Seorang petugas rumah sakit mengatakan kepada wartawan bahwa keduanya bertengkar di luar ruang gawat darurat sebelum insiden pelemparan uang tersebut. Untungnya, enjaga keamanan dapat meredakan situasi itu, meskipun tidak diketahui apa yang terjadi pada uang tersebut.

Dengan demikian, kata Adi, berdasarkan referensi yang ada dan hasil penelusuran, bahwa postingan yang dibuat akun Dina adalah hoaks. Masuk dalam kategori Konten yang Menyesatkan.

Di mana konten ini dibuat untuk menyesatkan. Hal itu dikarenakan terjadi framing seolah-olah ada pasien yang kesal terhadap dokter yang tak bisa menyembuhkan penyakitnya dan melempar sejumlah uang.(/Ocs)

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X