Menhub: Mulai April GeNose C19 akan Tersedia di Empat Bandara

- Selasa, 16 Maret 2021 | 13:12 WIB
Calon penumpang kereta api menghembuskan nafas ke dalam kantong saat mengikuti tes deteksi COVID-19 dengan metode Gajah Mada Electric Nose Covid-19 (GeNose C19). (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Calon penumpang kereta api menghembuskan nafas ke dalam kantong saat mengikuti tes deteksi COVID-19 dengan metode Gajah Mada Electric Nose Covid-19 (GeNose C19). (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, bahwa pihaknya akan mulai melakukan uji coba penggunaan GeNose C19 di sektor transportasi udara. Menurut Budi, uji coba ini akan dilakukan mulai awal bulan April 2021 di  sejumlah bandara.

Demikian dikatakan Budi Karya dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR yang membahas pelaksanaan program Transportasi Nasional pada saat dan pasca Pandemi, pada Selasa (16/3/2021).

"Dan satu April kita akan mulai di sektor udara, kita akan lakukan bertahap," kata Budi.

BACA JUGA: Tidak Ada Larangan Mudik, Kemenhub Keluarkan 7 Kebijakan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran

Dia menuturkan penggunan GeNose C19 di sektor transportasi udara dimulai melalui secara bertahap. Dimana awalnya hanya ada di empat bandara saja yang bakal melakukan pengunaan GeNose C19, namun salah satunya bukan Bandara Soekarno Hatta.

"Pertama kita lakukan di empat bandara, namun bukan di Soekarno Hatta. Tapi di Kualanamu (Medan), Bandung (Bandara Husein Sastranegara), Yogyakarta (Bandara Internasional Yogyakarta) dan Bandara Surabaya (Internasional Juanda)," jelasnya.

Lebih jauh Budi menargetkan perlahan di sektor udara GeNose C19 bisa digunakan di seluruh bandara di Indonesia pada 1 Mei 2021 mendatang.

"Baru secara perlahan akan kita lakukan untuk penggunaan GeNose C19 pada 1 Mei di seluruh Indonesia diberlakukan," tukas Budi.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X