Densus 88 Berhasil Ringkus Wanita Otak Pelaku Bom Makassar, Berperan Tanam Doktrin 'Jihad'

- Selasa, 30 Maret 2021 | 17:38 WIB
Anggota polisi berjaga di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (29/3/2021). (Antara)
Anggota polisi berjaga di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (29/3/2021). (Antara)

Tim Detaseman Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri berhasil membekuk sosok wanita yang menanamkan doktrin jihad melalui aksi bom bunuh diri terhadap pasutri bomber di depan gereja Katedral, Makassar, Sualwesi Selatan.

Terkini densus 88 menangkap tiga wanita setelah melakukan penyelidikan jaringan pelaku Lukman dan istrinya Yogi Sahfitri Fortuna. 

Masing-masing yang ditangkap polisi berinisial MM, M dan MAN.

Pihak kepolisian pun mengungkap peran masing-masing tiga orang wanita itu.

Ketiganya memiliki peran yang berbeda.

Terkhusus MM yang tugasnya untuk memberikan motivasi terhadap dua pelaku Lukman dan istrinya, Yogi Sahfitri Fortuna.

MM dinilai sebagai otak pelaku aksi bom bunuh diri ini. Keduanya didoktrin oleh MM untuk melakukan teror dengan iming-iming surga karena dianggap 'jihad' dan mati syahid.

Tim Detaseman Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri mengamankan ketiga terduga teroris itu di wilayah Makassar, Sulawesi Selatan, ketiganya merupakan perempuan.

"Perkembangan pascabom bunuh diri di Makassar, bertambah tiga tersangka, ketiganya adalah perempuan," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan di Humas Polri, Jakarta, Selasa (30/3/2021).

Ramadhan menyebutkan, ketiga perempuan tersebut berinisial MM, M dan MAN.

Ketiganya memiliki keterkaitan dengan pasangan suami istri Lukman (L) dan YSF atau Dewi (D), pelaku bom bunuh diri di gerbang depan Gereja Katedral Kota Makassar pada Minggu (28/3).

-
Pasutri pelaku bom makassar saat melancarkan aksinya. (Ist)

 

Terduga MM peran-nya mengetahui persis perencanaan "amaliyah" Lukman dan Dewi dan memberikan motivasi terhadap kedua pasangan suami istri tersebut.

"MM mendapat motivasi 'jihad' dan 'sahid' dari terduga SAS yang sudah ditangkap beberapa hari sebelumnya dan bersama sama sudah ikut pembaiatan," ungkap Ramadhan seperti yang dilansri dari Antara.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X