Kritik Usulan Anies Soal Jalur Sepeda di Tol, PKS: Tidak Tepat, Membahayakan!

- Jumat, 28 Agustus 2020 | 15:07 WIB
Ilustrasi pesepeda melintasi jalur sepeda. (ANTARA/Aditya Pradana Putra).
Ilustrasi pesepeda melintasi jalur sepeda. (ANTARA/Aditya Pradana Putra).

Rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi jalur bagi pesepeda di jalan tol, ditanggapi oleh Anggota Komisi V DPR RI Ahmad Syaikhu. Menurutnya, usulan itu tidak tepat karena akan membahayakan pesepeda dan pengguna jalan tol.

"Tidak tepat rencana membuka jalan tol untuk pesepeda. Itu justru akan membahayakan keselamatan pesepeda," ujar Syaikhu dalam keterangannya, Jumat (28/8/2020).

Anies mengusulkan itu dalam upaya menyehatkan warga DKI dan menjamin keselamatan warga dalam bersepeda, agar tidak bercampur dengan kendaraan bermotor. Namun, ia menilai kalau pemberian izin tersebut tidaklah mudah.

Sebab pada UU No.38 tahun 2004 tentang Jalan, Pasal 53 ayat 1 berbunyi "Jalan tol hanya diperuntukkan bagi pengguna jalan yang menggunakan kendaraan bermotor". Meski, pada ayat 3 disebutkan pula bahwa "Penggunaan jalan tol selain sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dilakukan dengan persetujuan Pemerintah".

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menjelaskan, penggunaan jalan tol layang untuk sepeda sangat berbahaya karena adanya terpaan angin kencang dari sisi kanan, kiri, depan bahkan belakang.

Kondisi tersebut menurut Syaikhu bisa membuat pesepeda kehilangan keseimbangan. Sehingga dapat berakibat fatal, yakni terjatuh atau tidak bisa mengendalikan sepedanya.

"Angin itu datang dari berbagai penjuru. Jika sedang bertiup kencang, maka berpotensi membuat pesepeda oleng atau hilang keseimbangan," kata Syaikhu.

Seperti diketahui, Anies mengirimkan surat kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk membuka Tol Lingkar Dalam Jakarta (Cawang-Tanjung Priok) sisi barat untuk jalur sepeda. Ini guna mengakomodir pengguna sepeda setiap hari Minggu pukul 06.00-09.00 WIB.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X