Kominfo Gandeng Perusahaan Rintisan Lokal Dorong Digitalisasi UMKM

- Selasa, 20 Oktober 2020 | 19:51 WIB
Kepala Litbang SDM Kominfo, Basuki Yusuf Iskandar, saat di acara Penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerja Sama Fresh Graduate. (Photo/ANTARA/Natisha Andarningtyas)
Kepala Litbang SDM Kominfo, Basuki Yusuf Iskandar, saat di acara Penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerja Sama Fresh Graduate. (Photo/ANTARA/Natisha Andarningtyas)

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menggandeng perusahaan rintisan (startup) bidang teknologi, seperti Gojek demi mendukung program “Digital Talent Scholarship 2020” yang bertujuan mempercepat ribuan UMKM go-digital.

Di samping itu, Kepala Badan Litbang SDM Kominfo RI, Basuki Yusuf Iskandar mengatakan bahwa kolaborasi tersebut sejalan dengan prioritas pemerintah, khususnya Kemenkominfo, dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

"Kami mengapresiasi Gojek yang menjadi mitra Kominfo dalam memberikan pelatihan kewirausahaan bagi lebih dari 2.000 pelaku UMKM," kata Basuki, dilansir dari Antara, Selasa (20/10/2020).

"Masa pandemi ini memberikan tantangan namun juga peluang untuk bertransformasi ke dalam ekosistem digital dan melakukan ekspansi pasar," lanjutnya.

Menurutnya, berbagai materi dan pelatihan seperti kewirausahaan, cara menggunakan aset digital hingga edukasi protokol kebersihan untuk usaha kuliner menjadi jawaban atas kebutuhan pelaku UMKM untuk dapat beradaptasi di ekosistem digital.

Di sisi lain, pihak Gojek yang diwakilkan oleh Shinto Nugroho selaku Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintahan Gojek mengatakan bahwa digitalisasi UMKM telah terbukti menjadi jawaban untuk akselerasi gerak roda perekonomian.

"Dalam kolaborasi ini, kami tidak hanya memberikan UMKM ilmu yang dibutuhkan untuk sukses di dunia digital tetapi juga kemudahan menjadi bagian dari ekosistem Gojek," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X