PAN Sambut Baik Keputusan Pemerintah Tunda Pembahasan RUU HIP

- Selasa, 16 Juni 2020 | 20:25 WIB
Wakil Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di DPR Saleh Partaonan Daulay. (Instagram/salehpd)
Wakil Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di DPR Saleh Partaonan Daulay. (Instagram/salehpd)

Wakil Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di DPR Saleh Partaonan Daulay menyambut baik pernyataan dari Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD soal pemerintah menunda pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

"Yang jelas, fraksi PAN mendukung pernyataan Pak Mahfud. Semoga ini didengar oleh semua fraksi," ucap Saleh dalam keterangannya, Selasa (16/6/2020).

Saleh menilai kalau sikap pemerintah kali ini sangat tanggap dan cepat dalam menyahuti isu yang berkembang di masyarakat. Sehingga menurutnya, dalam hal itu, sudah selayaknya DPR menindaklanjutinya.

Artinya, pembahasan RUU Haluan Idelogi Pancasila itu memang sudah tidak bisa dilanjutkan lagi.

“Pak Mahfud menyebut pemerintah meminta menunda pembahasan. Itu kan bahasa halus. Sama saja, pemerintah meminta agar pembahasan dihentikan. Apalagi, pemerintah menyebut mau fokus mengurus penanganan Covid-19," ungkapnya.

Menurut Saleh, pernyataan Mahfud MD didasari atas respons masyarakat terhadap RUU HIP tersebut. Pasalnya, hingga saat ini, gelombong kritik dan penolakan telah terdengar nyaring terkait mengenai hal itu, dan terdapat pihak yang ingin menghentikan pembahasannya.

Lebih lanjut, anggota Komisi IX ini menyebutkan jikalau sejak awal sudah ada satu pihak yang meminta ditunda, dapat diartikan babwa pembahasannya tidak akan berjalan mulus, dan masih memerlukan penyamaan persepsi dan pandangan lagi, serta waktu.

"Saya yakin, kalau pembahasannya ditunda, masyarakat juga akan memahami. Gelombang kritik dan penolakan akan berkurang. Kita semua fokus menangani Covid-19," tutup Saleh.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X