The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dukung Evaluasi Cuti Bersama 2021, DPR: Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19
Ilustrasi tanggal cuti bersama 2021. (INDOZONE/M Fadli).
News

Dukung Evaluasi Cuti Bersama 2021, DPR: Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19

Komisi IX.

Jumat, 19 Februari 2021 13:51 WIB 19 Februari 2021, 13:51 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah berencana mengevaluasi libur dan cuti bersama tahun 2021. Ini disebabkan karena masih tingginya kasus Covid-19 di Indonesia.

Mengenai hal tersebut, Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Muchamad Nabil Haroen mengungkapkan bahwa dirinya setuju dengan strategi yang direncanakan pemerintah tersebut. Dengan demikian, diharapkan pandemi Covid-19 bisa segera diatasi.

“Terkait dengan rencana Menpan/RB Bapak Tjahjo Kumolo yang akan mengevaluasi libur cuti bersama pada tahun 2021 ini, memang dalam rangka penanganan pandemi. Jadi, mempersingkat waktu liburan itu dalam rangka pencegahan persebaran virus, serta penanganan Covid-19,” ujar Nabil saat dihubungi Indozone, Jumat (19/2/2021).

Menutu Nabil, dalam mengatasi pandemi Covid-19 dibutuhkan dukungan dan kekompakan antara masyarakat dengan pemerintah.  

Baca Juga: Riza Minta Warga Jakarta Siaga Hadapi Cuaca Ekstrem

“Maka, evaluasi cuti bersama/liburan itu harus dilihat dalam kerangka itu, untuk penanganan pandemi,” tuturnya.

Kata Nabil jika nantinya libur dan cuti bersama dievaluasin harus ada aturan yang lebih jelas beserta punishment. Dimana pemerintah sudah menyampaikan kebijakan, tapi perlu ditegakkan aturan yang lebih tegas. 

Sebab, lanjut dia, berkaca dari Natal dan Tahun Baru tahun kemarin, tidak ada kepastian hukum dari aturan, artinya tidak ada punishment yang jelas. 

“Meski, punishment itu cara terakhir, yang tidak perlu dilakukan jika sudah ada kesadaran tinggi. Maka, perlu ada dukungan, dengan sosialisasi lebih progresif kepada kita semua yang mempersiapkan cuti bersama/liburan untuk tetap mematuhi protokol Kesehatan,” tukas Nabil.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan perlu adanya evaluasi mengenai keputusan libur cuti bersama di tahun 2021.

“Bahwa perlu evaluasi lagi keputusan yang sudah ada terkait cuti libur dan lain-lain selama tahun 2021,” kata Tjahjo.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US