The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menparekraf: Pemerintah Kucurkan Dana Hibah untuk Pariwisata Senilai Rp3,3 Triliun
Suasana pantai terlihat di skywalk yang dilukis beragam biota laut Pantai Barat, Kabupaten Pangadaran, Jawa Barat, Kamis (15/10/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)
News

Menparekraf: Pemerintah Kucurkan Dana Hibah untuk Pariwisata Senilai Rp3,3 Triliun

Rabu, 21 Oktober 2020 18:42 WIB 21 Oktober 2020, 18:42 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menyampaikan bahwa demi menekan dampak dari COVID-19, pemerintah telah mengucurkan dana hibah khusus pariwisata senilai Rp3,3 triliun untuk membantu pemerintah daerah dan pelaku usaha.

Hal itu disampaikannya dalam rapat terbatas di Kantor Presiden Jakarta, Rabu (21/10/2020). Wishnutama mengatakan bahwa dana tersebut ditujukan untuk membantu pemda, industri, hotel dan restoran yang saat ini sangat mengalami penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta gangguan finansial.

"Dalam rangka menekan dampak COVID-19 dan upaya menjaga keberlangsungan ekonomi khususnya pada sektor pariwisata, pemerintah telah menyiapkan dana hibah pariwisata sebesar Rp3,3 triliun yang merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," katanya dilansir dari Antara.

"Hibah pariwisata ini merupakan hibah dana tunai melalui mekanisme transfer ke daerah yang ditujukan kepada pemda serta usaha sektor pariwisata seperti hotel dan restoran di 101 daerah kabupaten kota yang berdasarkan beberapa kriteria," sambungnya.

Kemudian, kriteria-kriteria yang dimaksud adalah merupakan ibu kota dari 34 provinsi yang berada di 10 destinasi pariwisata prioritas dan 5 destinasi super prioritas.

"Selanjutnya daerah yang termasuk 100 calender of event, destinasi branding juga daerah dengan pendapatan dari pajak hotel dan pajak restoran minimal minimal 15 persen dari total PAD tahun anggaran 2019," ungkapnya.

"Hibah pariwisata ini akan dilaksanakan hingga bulan Desember 2020," jelas Wishnutama.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M. Rio Fani
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US