Makan Mie yang Disimpan Setahun di Kulkas, 9 Anggota Keluarga di China Tewas Keracunan

- Jumat, 23 Oktober 2020 | 17:32 WIB
Nyaris satu keluarga di China tewas akibat konsumsi mie kadaluarsa (World of Buzz)
Nyaris satu keluarga di China tewas akibat konsumsi mie kadaluarsa (World of Buzz)

Apakah kamu termasuk orang yang suka menyimpan bahan makanan di dalam kulkas hingga berbulan-bulan? Beberapa bahan makanan memang bisa tahan lama jika disimpan di dalam kulkas.

Tapi, bukan berarti makanan tersebut tidak punya tanggal kadaluwarsa dan tetap aman setelah disimpan berbulan-bulan di dalam kulkas.

Baru-baru ini, satu keluarga di China dikabarkan tewas setelah memakan mie jagung buatan rumah. Dilansir dari China Daily, sembilan dari 12 anggota keluarga di Jixi, Heilongjiang, tewas usai memakan ‘Suantangzi’.

‘Suantangzi’ adalah mie tebal yang terbuat dari tepung jagung hasil fermentasi. Rupanya, mie ini telah terkontaminasi racun asam bongkrek karena disimpan dalam waktu lama.

Mie tadi dan bumbunya yang dibuat secara rumahan, ternyata disimpan dalam pembeku selama lebih dari setahun. Karena terlalu lama disimpan, mie fermentasi dan bumbunya ini terpapar asam bongkrek.

Tiga orang anggota keluarga tersebut selamat karena tak lanjut memakan mie tersebut karena rasanya yang aneh. Sembilan anggota keluarga tersebut langsung tak enak badan beberapa jam usai memakan mie.

8 di antaranya meninggal pada 11 Oktober. Sementara, seorang korban yang merupakan wanita 47 tahun, sempat bertahan dan menerima perawatan di rumah sakit.

-
9 anggota keluarga tewas usai makan mie terpapar asam bongkrek (Daily Mail)

Sayangnya, beberapa hari kemudian dia meninggal. Dinas kesehatan setempat mengonfirmasi bahwa asam bongkrek tak hanya ditemukan di mie yang mereka konsumsi, tapi juga di cairan lambung para korban.

Asam bongkrek dihasilkan oleh bakteri Burkholderia gladioli pathovar cocovenenans (B. cocovenenans). Bakteri ini biasanya ditemukan di produk makanan berbahan dasar kelapa dan jagung.

Jika tidak segera ditolong, korban yang keracunan asam bongkrek bisa meninggal dunia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X