The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Libur Panjang, Anies Baswedan: 39% Kasus Covid-19 di Jakarta dari Klaster Keluarga
Jalur puncak saat libur panjang. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
News

Libur Panjang, Anies Baswedan: 39% Kasus Covid-19 di Jakarta dari Klaster Keluarga

Abai menerapkan protokol kesehatan.

Kamis, 29 Oktober 2020 13:30 WIB 29 Oktober 2020, 13:30 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan mengenai bahaya klaster keluarga saat libur panjang atau cuti bersama di tengah pandemi Covid-19 yang sedang dinikmati oleh masyarakat akhir pekan Oktober ini.

Pasalnya, libur panjang yang biasanya dihabiskan bersama dengan keluarga, membuat masyarakat abai menerapkan protokol kesehatan, yakni tidak menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Padahal, Anies mengungkapkan kalau jumlah angka Covid-19 yang disumbangkan dari klaster keluarga cukup besar, yakni hingga mencapai 39 persen dari kasus aktif yang ada di Jakarta.

“39% dari total kasus positif yang ditemukan adalah klaster keluarga,” ucap Anies dalam video yang diunggah Youtube Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Kamis (29/10/2020).

“Jumlah klastenya 4.684, dan total positif Covid-19 sampai 36.659 orang. Artinya banyak sekali penularan yang justru terjadi di dalam keluarga,” tambahnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menilai bahwa kepatuhan terhadap protokol kesehatan menurun ketika berkumpul dengan orang yang dikenal, sedangkan di tempat umum banyak warga yang justru mematuhinya.

“Ingat, bahwa ketika kita kenal seseorang, tidak berarti penularan itu lalu terhenti. Penularan bisa teradi lewat orang yang dikenal, ataupun tidak dikenal,” tutup Anies.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Yulia Marianti
Sarah Hutagaol
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US