Jepang Luncurkan Sistem Pengenalan Wajah Meski Pakai Masker

- Jumat, 8 Januari 2021 | 19:55 WIB
Staf NEC mengambil foto Shinya Takashima untuk pendaftaran (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Staf NEC mengambil foto Shinya Takashima untuk pendaftaran (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

Perusahaan Teknologi NEC Corp Jepang telah meluncurkan sistem pengenalan wajah yang dapat mengidentifikasi wajah orang-orang bahkan ketika mereka memakai masker. 

Inovasi ini dilakukan agar beradaptasi dengan keadaan normal baru di mana masker wajah telah menjadi bentuk perlindungan utama terhadap penyebaran virus corona.

NEC sebenarnya telah mengerjakan sistem ini untuk memenuhi kebutuhan penderita alergi yang memakai masker (hal yang umum di Jepang),  namun pandemi COVID-19 mendorong untuk mempercepat pengembangan sistem tersebut.

"Kebutuhan semakin meningkat karena situasi virus corona seiring dengan keadaan darurat (tahun lalu) berlanjut untuk waktu yang lama, jadi kami sekarang telah memperkenalkan teknologi ini ke pasar," kata asisten manajer divisi platform digital NEC, Shinya Takashima, kepada Reuters, dikutip Jumat (8/1).

Sistem tersebut mengenali ketika seseorang memakai topeng dan mempertajam bagian yang tidak tertutup masker, seperti mata dan area sekitarnya, untuk memverifikasi identitas subjek. Pengguna mendaftarkan foto wajah mereka terlebih dahulu.

NEC mengatakan verifikasi membutuhkan waktu kurang dari satu detik dan mengklaim tingkat akurasi lebih dari 99,9 persen.

Sistem ini dapat digunakan pada gerbang keamanan di gedung perkantoran dan fasilitas lainnya. NEC juga menguji coba teknologi pembayaran otomatis di toko swalayan tanpa awak di kantor pusatnya di Tokyo.

NEC menolak untuk mengungkapkan harga sistem tersebut. Perusahaan itu menargetkan penjualan 100 miliar yen atau sekitar Rp13,5 triliun pada tahun fiskal 2021 untuk bisnis analisis biometrik dan video, yang mencakup sistem teknologi wajah.

Menurut Takashima, sistem baru tersebut mulai dijual pada Oktober, dan pelanggannya termasuk Lufthansa dan Swiss International Airlines.

Sistem pengenalan wajah berarti tidak harus menunjukkan kartu keamanan, yang bisa hilang atau dicuri, dan juga membantu mencegah penyebaran kuman dari bersentuhan secara tidak langsung.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X