Heboh Paguyuban di Garut Ubah Lambang Pancasila, Polisi Turun Tangan

- Rabu, 9 September 2020 | 09:05 WIB
Foto Garuda dengan posisi kepala menghadap ke depan. (Twitter/@Irene_Ang2)
Foto Garuda dengan posisi kepala menghadap ke depan. (Twitter/@Irene_Ang2)

Polres Garut bersama Polda Jawa Barat turun tangan menyelidiki hebohnya sebuah paguyuban di Garut bernama Tunggal Rahayu karena mengubah logo pancasila. Dalam sebuah gambar yang beredar di sosial media, posisi kepala burung Garuda mengarah ke depan.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago mengatakan, pihak kepolisian sudah turun tangan sejak dini mengusut kehebohan itu.

"Dengan adanya kasus ini yang kita perkirakan ini akan jadi masalah ya. Makanya kita sudah bekerja lebih dahulu melakukan penyelidikan apakah ada dapat menimbulkan keresahan dari masyarakat atau tidak," kata Kombes Erdi saat dihubungi Indozone, Rabu (9/9/2020).

Erdi mengatakan, hingga kini belum ada masyarakat yang merasa dirugikan dan membuat laporan polisi terkait kasus ini ke Polres Garut maupun Polda Jawa Barat. Meski tanpa adanya laporan, proses penyelidikan tetap dilakukan oleh polisi.

"Jadi tanpa ada laporan kita sudah menyelidiki duluan. Jadi kita sudah melakukan penyelidikan terutama Polres Garut kemudian berkoordinasi dengan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat," beber Erdi.

Untuk diketahui, muncul sebuah paguyuban di Garut bernama Paguyuban Tunggal Rahayu Tengah. Paguyuban itu menjadi sorotan karena mereka mengubah lambang Garuda Pancasila tepatnya pada bagian kepala garuda yang diubah dari samping ke arah tengah.

Usut demi usut, paguyuban itu biasa berkumpul satu pekan satu kali. Basis mereka pun ada di wilayah Cisewu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X