Gerhana Bulan Penumbra Bisa Terlihat Diseluruh Wilayah Indonesia Sabtu Dini Hari

- Jumat, 5 Juni 2020 | 13:17 WIB
Ilustrasi Gerhana Bulan Penumbra. (Unsplash/Martin Adams)
Ilustrasi Gerhana Bulan Penumbra. (Unsplash/Martin Adams)

Bersiaplah untuk menyaksikan fenomena alam Gerhana Bulan Penumbra pada Sabtu (6/6/2020) dini hari. Seperti yang diketahui bahwa di tahun 2020 terdapat gerhana bulan salah satunya Gerhana Bulan Penumbra.

"Diperkirakan gerhana bulan penumbra bisa disaksikan di seluruh wilayah namun di wilayah Papua tidak bisa melihat berakhirnya gerhana bulan penumbra, dikarenakan posisi bulan bertepatan dengan tenggelamnya bulan," tulis BMKG di laman Instagram, Jumat (5/6/2020).

Gerhana Bulan Penumbra merupakan posisi bulan-matahari-bumi tidak berada di posisi sejajar. Kondisi ini menghalangi sebagian cahaya matahari untuk mencapai permukaan bulan, sehingga bulan purnama akan terlihat lebih redup.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BMKG (@infobmkg) on

Fenomena ini akan diobrservasi oleh Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Observatorium Astronomi Itera Lampung (OAIL). Dengan menggunakan teleskop lunt 80mm dan kamera CMOS monokrom diharapkan bisa merekam Gerhana Bulan Penumbra.

Sekitar pukul 00.45-04.00 masyarakat bisa menyaksikan secara langsung di laman Youtube OAIL. Selain Indonesia sejumlah negara seperti Amerika Selatan, Amerika Utara, Afrika, Australia dan negara-negara di Eropa dan Asia juga bisa menyaksikan Gerhana Bulan Penumbra.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X