Dubes RI di Lebanon Sebut Kontingen Garuda Selamat dari Ledakan di Beirut

- Rabu, 5 Agustus 2020 | 14:16 WIB
Kondisi Beirut, Lebanon pasca ledakan, Rabu (5/8/2020). (REUTER/SIssam Abdallah)
Kondisi Beirut, Lebanon pasca ledakan, Rabu (5/8/2020). (REUTER/SIssam Abdallah)

Duta Besar RI untuk Lebanon Hajriyanto Y Thohari mengungkapkan sebanyak 1.234 anggota Kontingen Garuda Satuan Tugas (Satgas) yang sedang bertugas di Lebanon dalam kondisi yang aman dan selamat dari ledakan besar di Beirut.

"KRI Sultan Hasanuddin 366 (Kontingen Garuda Satgas MTF dalam UNIFIL), terkonfirmasi aman karena sedang berlayar di Mersin, Turki," ucap Hajriyanto kepada Indozone, Rabu (5/8/2020).

Adapun selain itu, hingga saat ini hanya terdapat seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban, dan mengalami luka-luka akibat ledakan hebat yang terjadi pada Selasa (4/8/2020) pukul 18.02 waktu setempat tersebut.

"Sejauh ini WNI terdampak Ledakan adalah satu orang luka ringan, dan satu orang rumah rusak berat (WNI selamat)," paparnya.

Seorang WNI yang mengalami luka-luka tersebut, Hajriyanto menjelaskan saat ini kondisinya sudah membaik karena telah menjalani beberapa perawatan secara medis, dan kini sudah kembali pulang ke kediamannya.

"Kami sudah video call dengan yang bersangkutan, dan beliau kondisinya stabil, bisa berbicara dan jalan. Luka sudah dijahit oleh dokter. Saat ini sudah pulang dan berada di apartemen bersama 4 WNI lainnya di Jal El Dibz," terang Hajriyanto.

Sekadar diketahui, hingga pada saat ini dilaporkan sebanyak 73 korban jiwa dan 4.000 orang luka-luka. Selain itu, 100 orang dilaporkan hilang oleh keluarganya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X