Ingin Jadi Eksportir, Pemerintah Siapkan Program Digital Handholding

- Rabu, 26 Juni 2019 | 09:57 WIB
Pelabuhan Tanjung Priok (Foto: Pelindo 2)
Pelabuhan Tanjung Priok (Foto: Pelindo 2)

Ekspor nonmigas Indonesia ditargetkan terus  meningkat sebesar 7,5 persen dari tahun sebelumnya, Caranya adalah dengan mendorong para pelaku usaha memanfaatkan teknologi digital. 

Direktur Kerja sama Pengembangan Ekspor Marolop Nainggolan mengatakan, penggunaan teknologi seperti perdagangan daring, memberi kemudahan bagi para pelaku usaha yang ingin mengekspor produktanpa harus membuka toko di negara tujuan. "Dengan cara ini, para pelaku usaha pun dapat menjual produk-produknya lebih banyak lagi," katanya.

Pemerintah membuat Digital Handholding Program (DHP), yang merupakan program jasa konsultasi Indonesia di bidang teknologi informasi (digital) yang dilakukan oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).

Ia mengatakan, program ini memberikan pendampingan, fasilitasi, dan pemberdayaan bagi pelaku UKM berorientasi ekspor untuk mampu memasarkan, memperluas akses pasar, mempromosikan, serta meningkatkan daya saing produk unggulannya di market place global (global niaga-el).

"Dengan mengikuti program ini, para pelaku usaha bisa mengembangkan kapasitas, mendapatkan penasihat bisnis, dan mengikuti program khusus pelatihan ekspor," kata Marolop.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X