Mengatasi Virus Corona, Ilmuwan Tanah Air Diharapkan Bisa Temukan Solusi

- Rabu, 15 April 2020 | 20:22 WIB
Ilustrasi peneliti melakukan riset (freepik)
Ilustrasi peneliti melakukan riset (freepik)

Pandemi virus corona meresahkan masyarakat dunia. Laporan WHO, tercatat ada 1.986.936 di dunia, dengan angka kematian 125.953 jiwa. Di Indonesia juga ikut terasa dampaknya, dengan angka kasus lebih dari 5.000.

Hal itu membuat peneliti di Indonesia mulai melakukan aksi cepat untuk menemukan solusinya. Prof. Ghufron Mukti, Direktur Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (SDID) mengungkapkan skema dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Dalam ZoomMeeting dengan topik COVID 19 Diaspora; IYSF Discussion with Prof Ghufron, hari ini, Rabu (15/4/2020), Prof. Ghufron menyebutkan mengatasi masalah virus corona harus mulai melakukan skala prioritas.

"Secara umum, kita menghadapi masalah yang cukup berat. Time frame-nya terbatas. Harus mulai melakukan skala prioritas. Apalagi, dalam masalah riset atau penelitian, biar nggak double," sebutnya.

Dia juga menjelaskan, tidak masalah apabila peneliti dari Indonesia melakukan kerja sama dengan laboratorium di negara lain, misalnya Jepang. Apalagi, di negeri sakura itu, terdapat peneliti Tanah Air yang memiliki riset di sana.

-
Ilustrasi peneliti melakukan riset virus corona (freepik)

"Untuk mengatasi masalah yang ada di Indonesia, menurut saya, tidak masalah apabila ada kerja sama dengan negara lain. Bukan, jangan dipikirkan kita seolah menjual data riset, tapi kan karena terbatasnya masalah laboratorium dan SDM," ungkapnya.

Selain itu, kerja sama tersebut juga diharapkan bisa menemukan titik terang mengenai permasalahan virus corona. Dia juga menjelaskan, penelitian terbagi dua jangka pendek dan jangka panjang

"Jadi, melakukan penelitian harus dibagi dua. Alasannya, jangka pendek untuk memberikan solusi, dan jangka panjang, misalnya selma tiga tahun untuk mencegah apabila hal ini terjadi lagi di kemudian hari," pungkasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X