Menkes Jemput 285 Orang yang Diobservasi di Natuna
Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, Hubei, Tiongkok berada di Hanggar Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
News

Menkes Jemput 285 Orang yang Diobservasi di Natuna

Ada acara adat.

Sabtu, 15 Februari 2020 10:46 WIB 15 Februari 2020, 10:46 WIB

INDOZONE.ID - Warga Negara Indonesia yang dievakuasi dari Tiongkok dan observasi di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, akan dijemput Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. Dia bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Mordano terbang ke Natuna dari Bandara Jalim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (15/2/2020) pagi.

Total ada 285 orang yang diobservasi di Natuna terkait virus corona atau yang disebut Covid-19. Jumlah itu terdiri atas 237 WNI, satu WNA, lima orang dari tim Kementerian Luar Negeri, 18 orang pegawai Batik Air, dan 24 tim penjemput. 

Mereka akan dipulangkan setelah melewati masa observasi selama 14 hari yang jatuh tepat pada hari ini. Selama di observasi, para WNI ini tidak menunjukkan gejala-gejala terpapar virus corona.

Meski demikian, para WNI diminta untuk memeriksakan diri secara berkala untuk memastikan kondisi mereka tetap sehat. Menkes juga meminta dinas kesehatan daerah awal WNI untuk terus memantau.

"Namanya surveillance tracking. Itu terus dikerjakan, itu otomatis," tutur Terawan seperti dikutip Antara

Sementara itu, Bupati Natuna Hamid Rizal mengungkapkan, bakal ada acara adat untuk melepas 285 orang tersebut. Harapannya, mereka dalam keadaan selamat dan sehat sampai ke daerah masing-masing. 

"Akan ada doa selamat tepung tawar," ujar Hamid. 

Seperti diketahui, Kementerian Kesehatan sudah menyatakan 285 WNI dari Tiongkok yang diobservasi di Natuna selama 14 hari dalam kondisi sehat. Ini menjadi alasan pemerintah untuk memulangkan WNI dari Natuna ke daerah mereka masing masing.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU