Jamu Indonesia Disebut Bisa Bantu Sembuhkan Corona, Ilmuwan Upayakan Uji Klinis

- Selasa, 28 April 2020 | 16:54 WIB
Ilustrasi jamu tradisional beras kencur (cookpad)
Ilustrasi jamu tradisional beras kencur (cookpad)

Ilmuwan dan dokter saat ini sedang mengupayakan agar jamu memasuki tahap uji klinis pada manusia. Jamu khas Indonesia disebut-sebut bisa membantu penyembuhan pasien COVID-19.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Inggrid Tania, mengatakan perizinan uji klinik di RS Darurat Wisma Atlet dan prosedur birokrasi masih dilakukan.

Inggrid menuturkan, pada pasien COVID-19, jamu bisa membantu saat terjadi badai sitokin pada peradangan paru-paru berat.

Sebelumnya, rumah sakit rujukan COVID-19 di Tiongkok juga memanfaatkan obat herbal untuk membantu penyembuhan pasien terinfeksi. Akan tetapi, ini baru sebatas testimoni pasien.

Menurutnya, obat herbal Tiongkok yang masuk ke rumah sakit rujukan COVID-19 beberapa waktu lalu sebenarnya belum diuji klinis pada manusia.

Padahal, obat ini sebenarnya berkhasiat sama seperti tanaman herbal di Indonesia, yaitu untuk meredakan gejala seperti demam, meriang, batuk, pilek dan sakit tenggorokan.

"Sebenarnya banyak herbal Indonesia yang berpotensi, karena penelitian sampai tingkat hewan coba sudah menunjukkan hasil yang demikian. Banyak sekali herbal yang berpotensi tapi kembali lagi perlu dibuktikan dengan uji klinik pada pasiennya langsung lewat prosedur penelitian baku, bukan sekadar uji coba pakai dan dikasih sekadar testimoni," kata Inggrid.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X