Yonif Mekanis 411/Pandawa Kostrad Berikan Layanan Kesehatan di Yakyu
Layanan Posyandu bagi balita oleh Satgas Pamtas RI-PNG. (Puspen TNI)
News

Yonif Mekanis 411/Pandawa Kostrad Berikan Layanan Kesehatan di Yakyu

Daerah pedalaman yang sulit dijangkau.

fauzi
Rabu, 11 September 2019 15:35 WIB 11 September 2019, 15:35 WIB

INDOZONE.ID - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia - Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) dari Yonif Mekanis 411/Pandawa, Kostrad, kembali melakukan kegiatan bhakti TNI di wilayah perbatasan, tepatnya di RT 03 Yakyu, Kampung Rawa Biru, Distrik Sota, Merauke, Papua.

Dalam keterangan yang diterima Rabu (11/9), Satgas Pamtas RI-PNG dari Yonif Mekanis 411/Pandawa, Kostrad melakukan kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan pengobatan gratis.

Wadansatgas Yonif Mekanis 411/Pandawa, Kostrad Mayor Inf Ilham Datu Ramang mengatakan, salah satu permasalahan ibu hamil, ibu menyusui maupun balita dan anak-anak di wilayah perbatasan adalah, terbatasnya layanan Posyandu kendati sangat dibutuhkan di perbatasan. 

"Di pedalaman Papua, layanan kesehatan melalui Posyandu bagi ibu dan anak seperti penimbangan, KB, imunisasi, gizi hingga penanggulangan diare amat dibutuhkan. Ini penting, agar asupan gizi dan nutrisi anak-anak tetap terjamin sesuai kebutuhan," terangnya.

satgas pamtas, bhakti tni, kostrad
(Puspen TNI)

Lebih jauh ia menerangkan, kegiatan yang digelar oleh Pos Kout bekerjasama dengan Puskesmas Sota Puskesmas Pembantu Rawa Biru ini dipimpin oleh Dantonkes Satgas Pamtas RI-PNG dari Yonif Mekanis 411/Pandawa, Kostrad Letda Ckm Iwan Debri Setiawan. Selain 10 balita dan 7 ibu hamil, kegiatan ini juga melayani 20 warga yang berobat.

"Di wilayah ini banyak balita yang perlu mendapatkan perhatian asupan gizinya. Lokasinya cukup jauh dari kampung dan harus ditempuh dengan menggunakan Ketinting (perahu tradisional) selama dua jam dengan menyusuri daerah rawa-rawa," ungkapnya.

satgas pamtas, papua, kostrad
(Puspen TNI)

Kepala Puskesmas Sota, Merauke, Papua Meria S. Gebze mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Satgas Pamtas. Menurutnya, selain melaksanakan tugas pokok sebagai pengaman perbatasan, TNI mampu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk menjaga moral generasi penerus bangsa bisa tumbuh dan berkembang sehat.

"Semoga kegiatan ini juga menjadikan masyarakat sadar akan pola dan kebiasaan hidup sehat, peduli terhadap kesehatan diri sendiri maupun keluarga," singkatnya.

Artikel Menarik Lainnya:

    TAG
    Editor Media
    Editor Media

    Fauzi

    Editor
    ARTIKEL LAINNYA
    LOAD MORE