Puluhan Pelajar di Rejotangan Tulungagung Jatim Keracunan Katering Sekolah

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 22:18 WIB
Petugas melihat kondisi siswa yang dirawat di Puskesmas Banjarejo, Rejotangan, Tulungagung (photo/ANTARA/HO-Joko Purnomo)
Petugas melihat kondisi siswa yang dirawat di Puskesmas Banjarejo, Rejotangan, Tulungagung (photo/ANTARA/HO-Joko Purnomo)

Puluhan pelajar di SMKN 1 Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Minggu (10/10) mengalami keracunan makanan nasi kotak berisi lauk mi dan telur yang diberikan pihak sekolah, sejak Jumat (8/10).

Kapolsek Rejotangan AKP Hery Poerwanto menjelaskan, keracunan masal diduga mulai dialami siswa sejak Jumat (8/10) sore-malam, berlanjut hingga Sabtu (9/10) dan Ahad (10/10).

"Hingga pagi tadi masih ada 13 siswa yang dirawat di Puskesmas Banjarrejo, Kecamatan Rejotangan. Sementara 12 siswa menjalani perawatan di rumah masing-masing," ujar Hery dikutip dari ANTARA.

Gejala keracunan yang dialami para pelajar tersebut semuanya hampir sama, yakni mual, muntah disertai diare dan kepala pusing. 

Kondisi mereka sebagian memburuk pada Sabtu pagi saat kembali masuk sekolah. Sehingga beberapa sisswa harus dilarikan ke  puskesmas terdekat guna mendapat perawatan.

"Semua mengalami gejala yang sama, mual, pusing, muntah dan ada yang diare. Kondisi para siswa masih stabil," kata Hery.

Dari pemeriksaan yang dilakukan dugaan keracunan berasal dari makanan katering yang dimakan para siswa.

Baca juga: Piala Dunia 2022 Qatar Akan Jadi yang Terakhir Bagi Neymar

Namun polisi melakukan pendalaman, lantaran makanan yang disantap para siswa berasal dari tiga katering berbeda.

"Kami masih melakukan penyelidikan untuk memastikan makanan yang mana yang diduga menjadi pemicu. Sampel makanan dan sisa muntahan siswa sudah diambil untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium," katanya.

Disisi lain Kepala Puskesmas Banjarejo Tumini mengatakan, kondisi para siswa masih bergejala dan saat ini terus dalam pemantauan.

Gejala yang mereka alami tidak semua sama, hal itubergantung kondisi dan ketahanan tubuh masing-masing.

Menurutnya, masa pemulihan akibat keracunan ini diperkirakan bisa memakan waktu hingga sepekan.

"Proses pemulihan juga bergantung kondisi tubuh siswa. Bisa 3-4 hari pulih, bisa juga sampai sepekan. Tapi secara umum kondisi mereka cukup baik meski sebagian masih lemah," kata Tumini.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X