Taliban Ingin Berbicara di Majelis Umum PBB di New York

- Rabu, 22 September 2021 | 08:58 WIB
Menteri luar negeri Taliban Amir Khan Muttaqi. (Twitter)
Menteri luar negeri Taliban Amir Khan Muttaqi. (Twitter)

Menteri luar negeri Taliban mengajukan permintaan untuk berbicara dengan para pemimpin dunia di Majelis Umum PBB minggu ini di New York City.

Dilansir BBC, permintaan itu ditulis menteri luar negeri Taliban dalam sebuah surat pada hari Senin (20/9/2021). Taliban juga menunjuk juru bicara mereka yang berbasis di  Doha, Suhail Shaheen, sebagai duta besar Afghanistan untuk PBB.

Permintaan untuk berpartisipasi dalam debat tingkat tinggi sedang dipertimbangkan oleh komite kredensial, yang memiliki sembilan anggota termasuk AS, China dan Rusia, menurut juru bicara PBB.

Baca juga: Taliban Tegaskan Di Afghanistan Tidak Ada Al Qaida Ataupun ISIS

Sampai saat itu, di bawah aturan PBB, Ghulam Isaczai akan tetap menjadi duta besar Afghanistan untuk PBB. Ghulam Isaczai diharapkan memberikan pidato pada 27 September. Tapi Taliban mengatakan bahwa dia tidak lagi mewakili Afghanistan.

Pihak Taliban juga mengatakan bahwa beberapa negara tidak lagi mengakui mantan Presiden Ashraf Ghani sebagai pemimpin. Sementara, pada pertemuan PBB pada hari Selasa (21/9/2021), Qatar mendesak para pemimpin dunia untuk tetap terlibat dengan Taliban.

"Memboikot mereka hanya akan mengarah pada polarisasi dan reaksi, sedangkan dialog bisa bermanfaat," kata penguasa Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X