Antisipasi Banjir, Tenang Ada Operasi Aman Nusa II Polri

- Sabtu, 13 November 2021 | 17:24 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Mabes Polri diketahui sudah kembali mengaktifkan Operasi Aman Nusa II diseluruh Indonesia. Operasi ini merupakan operasi untuk penggulangan bencana termasuk banjir yang dilakukan oleh Polri.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono mengatakan operasi tersebut merupakan operasi rutin dilakukan oleh Polri. Memasuki musim penghujan, Rusdi menyebut pihaknya mengantisipasi bencana alam dengan melakukan operasi tersebut.

"Itu adalah suatu hal yang rutin dilakukan ketika menjelang perubahan iklim dari kemarau ke hujan yang cenderung banyak menimbulkan masalah bencana alam seperti longsor dan banjir," kata Brigjen Rusdi kepada wartawan, Sabtu (13/11/2021).

Operasi ini sendiri digelar baik ditingkat Mabes Polri hingga tingkat terkecil di wilayah seperti Polsek. Polri sendiri disebutnya sudah mempersiapkan operasi ini jauh-jauh hari sebelum kembali diaktifkan.

Baca juga: Operasi Aman Nusa II Berakhir, Kapolri Minta Jajaran Tetap Tangani Covid-19

"Jadi tinggal dilaksanakan," beber Rusdi.

Cara kerja dari operasi ini yakni bila mendapat informasi titik bencana termasuk banjir, pihak kepolisian akan turun membantu korban banjir. Polri akan menggunakan perlengkapannya hingga berkoordinasi dengan stake holder terkait untuk penanganna banjir tersebut.

"Sekarang sudah mulai antisipasi kalau ada bencana (bergerak) mereka, juga pencegahan mengingatkan mitigasi kepada masyarakat tentang antisipasi bencana itu," pungkas Rusdi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X