Semangat SBY Melukis Tak Pudar Meski Diserang Kanker Prostat: Bawa Kedamaian di Hati Saya

- Selasa, 2 November 2021 | 16:57 WIB
SBY di ruang lukisannya. (Instagram @aniyudhoyono)
SBY di ruang lukisannya. (Instagram @aniyudhoyono)

Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tetap semangat menjalani hari-harinya meskipun didiagnosa mengidap penyakit kanker prostat stadium awal.

SBY bahkan tetap menekuni dunia seni lukis--hobi yang ia geluti semenjak pensiun dari dunia perpolitikan.

Bahkan hari Senin (1/11/2021), saat ia didiagnosa mengidap kanker prostat, SBY masih menyempatkan diri untuk menjelaskan karya-karya lukisan yang sudah ia hasilkan.

SBY mengatakan, dirinya terus berlatih melukis setiap hari dan ia telah berniat untuk mendalami dunia seni lukis.

"Teman-teman sebagian tahu bahwa melukis adalah salah satu keseharian saya. Di samping menunggui Lavani berlatih bola voli, melakukan kegiatan-kegiatan yang lain, membaca, menulis, menonton televisi, setiap hari saya melukis," ujarnya.

SBY bilang, melukis memberikan kedamaian di hatinya.

"Ini saya niatkan diri saya, insya Allah, makin menguasai dunia seni lukis, juga cara saya untuk melakukan kegiatan yang membawa kedamaian di hati saya.  Minggu ini saya, alhamdulillah, menyelesaikan sejumlah lukisan," ujarnya.

Akan Berobat ke Amerika Serikat

Sebelumnya, Staf Pribadi SBY, Ossy Dermawan menyampaikan bahwa SBY akan menjalani pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh dan pengobatan di Amerika Serikat setelah didiagnosis mengidap kanker prostat oleh tim dokter.

-
SBY di ruang lukisannya. (Instagram @aniyudhoyono)

Berdasarkan hasil pemeriksaan, baik melalui metode magnetic resonance imaging (MRI), biopsi, positron emission tomography (PET) specific membrane antigen (SMA) scan, maupun pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita SBY masih stadium awal.

Sesuai dengan etika dan tata krama yang dianut SBY, tambah Ossy, SBY telah melaporkan rencana berobat ke luar negeri itu kepada Presiden Joko Widodo melalui panggilan suara. 

Presiden Jokowi memberikan respons yang baik. Jokowi menyampaikan satu-dua anggota Tim Dokter Kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut.

“Perlu kami sampaikan pula bahwa selama ini Bapak SBY tetap menjalankan kegiatan sehari-hari, seperti menunggui Klub Bola Voli Lavani berlatih, melukis, membaca, menulis, berolahraga, dan kegiatan-kegiatan lain,” jelas Ossy.

-
SBY di ruang lukisannya. (Instagram @aniyudhoyono)

Menurut anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Syarief Hasan, SBY akan berangkat ke AS hari ini. SBY akan dirawat di Rumah Sakit Mayo, Minneapolis, Minnesota, AS. Keluarganya akan ikut mendampinginya.

“Beliau akan melakukan perawatan kesehatan sekaligus pengecekan kesehatan di US. Rencananya mau berangkat hari ini,” kata Syarief di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (2/11/2021).

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X