Komentari Isu Penundaan Pemilu, AHY: Kenapa Tidak Sekalian Presiden Seumur Hidup?

- Senin, 18 April 2022 | 10:14 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY. (ANTARA/Aditya Pradana Putra)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY. (ANTARA/Aditya Pradana Putra)

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) angkat bicara terkait isu penundaan pemilu 2024 yang sempat berkembangan belakangan ini.

AHY menyatakan, isu tersebut muncul berupaya untuk mengkhianati konstitusi. Apalagi sejatinya hal itu tidak perlu dimunculkan, karena sudah jelas tidak bisa dilakukan.

“Enggak ada angin, enggak ada hujan, tiba-tiba sejumlah kalangan menyerukan dan menyuarakan wacana penundaan Pemilu 2024,” kata AHY dalam acara Demokrat, Minggu (17/4/2022) malam.

Dikatakan AHY, penundaan pemilu dengan alasan yang sulit diterima sangat tidak relevan dan mengada-ada. Dia pun mengingat pesan Presiden ke-enam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ihwal penundaan Pemilu.

SBY berujar, sambung AHY, penundaan pemilu sama saja upaya melanggengkan kekuasaan tanpa proses pemilihan langsung dari rakyat sesungguhnya menabrak konstitusi.

“Pak SBY mengingatkan, jangankan tiga tahun, satu hari saja ada upaya yang melanggengkan kekuasaan tanpa dipilih langsung rakyat, artinya tidak ada mandat dan legitimasi. Sesungguhnya dia menabrak konstitusi,” jelas AHY.

BACA JUGA: Momen Annisa Pohan hingga Sri Mulyani Antre Dawet di Nikahan Putri Tanjung: Ga Beli Rugi

AHY mengakui bahwa konstitusi memang bukan merupakan kitab suci, namun begitu konstitusi juga tidak bisa diamandemen begitu saja. Apalagi bila amandemen konstitusi hanya untuk kepentingan segelintir kalangan.

Misalnya untuk menggolkan penundaan Pemilu 2024 hingga perpanjangan masa jabatan presiden untuk melanggengkan kekuasaan. Dia bilang jika semua itu terjadi maka dapat diartikan bahwa segelintir kalangan yang mengupayakan hal-hal tersebut telah mengkhianati konstitusi.

"Lebih bahaya lagi kalau kotak pandora itu sudah dibuka, karena berikutnya apa kalau penundaan pemilu sudah digolkan? Lalu presiden tiga periode? Lalu empat periode? Kenapa tidak seumur hidup sekalian. Ini yang lebih bahaya dan tentunya kami tidak ingin itu terjadi," tuturnya.

Oleh karena itu AHY menegaskan bilamana Demokrat sejak awal menolak wacana penundaan pemilu, demi kepentingan segelintir elite saja.

"Itulah kenapa sejak awal kami Partai Demokrat sejak awal menolak wacana penundaan pemilu, wacana pelanggengan kekuasaan. Itu semua permufakatan jahat yang dilakukan segelintir elite tertentu, melanggengkan kekuasaan dengan berbagai cara," tukasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X