Risma Akui Penerima Bansos Salah Sasaran, Punya Rumah 3 Lantai Tapi Dapat Bantuan

- Sabtu, 17 Juli 2021 | 12:45 WIB
Mensos Risma (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)
Mensos Risma (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Mensos Tri Rismaharini mengakui bahwa masih ada kesalahan penyaluran penerima bansos. Bahkan, ada warga yang menjadi penerima Bantuan Sosial Tunai (BST), ternyata punya rumah tiga lantai.

Di sisi lain, ada warga lebih membutuhkan yang sama sekali tidak mendapatkan BST. Saat laporan warga itu ditindaklanjuti, ternyata di data warga tersebut diklaim sudah mendapat BST dengan bukti foto uang dan KTP.

Risma kemudian menelusuri alamat warga tersebut. Dari situlah terungkap bahwa ternyata penerima bansos berbeda dengan warga yang melapor tadi, hanya saja nama mereka sama.

"Ternyata orang itu yang namanya sama, dia pindah tempat. Kita cari lagi oh memang dia belum terima yang satunya. Tapi yang satunya sudah terima. Aku ngomong kita harus cek kayaknya, rumahnya seperti apa, ternyata rumahnya berlantai 3," ungkap Risma, Jumat (16/7/2021).

Dari hasil tim survei, Risma juga mendapat laporan bahwa penerima BST masih sering salah sasaran, malah diberikan ke masyarakat mampu. Ada warga punya dua mobil malah mendapatkan bansos.

"Kita menemukan beberapa yang memang mampu. Tadi baru laporan yang saya survei. 'Bu, ternyata punya Camry. Ada yang punya 2 mobil, satu Camry, satu Innova'." ujarnya.

Mantan Wali Kota Surabaya itu akan berupaya membenahi data yang ada dan menerjunkan tim ke lapangan untuk memeriksa kesesuaian data.

Risma juga ingin Kemensos memperbarui data setiap bulan, karena data penerima bansos juga bisa berubah. Risma pun meminta warga mampu yang mendapatkan BST agar sadar diri.

"Saya berharap yang begitu tolonglah sadar diri. Banyak saudara kita yang membutuhkan. Ayolah kalau merasa diri kita mampu (kembalikan), kalau kita miskin beneran gimana," ucap politikus PDIP itu.

Di bulan April lalu, Kemensos telah memperbaiki Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Hasilnya, 21 juta data ditemukan bermasalah yaitu data ganda.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X