Rusia Kecam AS karena Ancam Iran

- Minggu, 28 November 2021 | 17:33 WIB
(Unsplash/Sam Oxyak)
(Unsplash/Sam Oxyak)

Rusia mengecam sikap pemerintah Amerika Serikat (AS) yang mengancam eskalasi diplomasi dengan Iran di Badan Energi Atom Internasional (IAEA). Bagi Rusia, sikap AS yang dilakukan jelang kesepakatan nuklir Iran justru berpotensi merusak dialog yang akan berlangsung pada Senin (29/11/2021).

"Saya tidak senang dengan pernyataan delegasi AS di IAEA ini. Itu tidak akan membantu," kata Duta Besar Rusia untuk IAEA, Mikhail Ulyanov saat melakukan konferensi pers dikutip Middle East Monitor, Minggu (28/11/2021).

Menurutnya, sikap tersebut menunjukkan AS yang tidak dapat mengendalikan diri menjelang kesepakatan  nuklir Iran yang akan kembali dibawa ke meja perundingan. Bagi dia, harusnya semua pihak dapat menjaga situasi dengan mengendalikan pernyataan yang disampaikan.

Pernyataan AS tersebut disampaikan untuk menekan Iran agar membiarkan IAEA memasang kamera di situs pengayaan uranium Iran. Mikhail Ulyanov pun mengingatkan bahwa Iran dapat bertindak keras terhadap AS.

"AS lupa Iran tidak melakukan apa pun di bawah tekanan. Jika mereka berada di bawah tekanan, mereka akan melawan," katanya.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X