Bamsoet Luruskan Polemik Penentuan Lokasi Sirkuit Formula E yang Seret Nama Jokowi

- Jumat, 26 November 2021 | 14:26 WIB
Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo. (Instagram/@bambang.soesatyo)
Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo. (Instagram/@bambang.soesatyo)

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo atau yang akrab disapa Bamsoet meluruskan pernyataan yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan jadi penentu lokasi sirkuit Formula E.

Ia menegaskan, penentuan lokasi balap merupakan tanggung jawab IMI, PT Jakarta Propertindo (Jakpro), dan Chief Championship Formula E Operations (FEO) Alberto Longo.

"IMI, Alberto, dan Jakpro, yang nantinya akan bertanggungjawab mengambil keputusan dalam menentukan lokasi sirkuit Jakarta E-Prix 2022," ucap Bamsoet dalam keterangan tertulis, Jumat (26/11/2021).

Ketua MPR ini mengatakan, pihaknya serta Jakpro dan FEO tidak akan sembarangan dalam menentukan lokasi balapan. Pihak-pihak tersebut akan melakukan pertimbangan matang dalam memilih salah satu dari lima opsi lokasi untuk menggelar ajang balap mobil listrik itu.

Baca juga: Co-Founder Formula E Ingin Bertemu Jokowi, Bamsoet: Salahnya Dimana?

Kelima lokasi itu diantaranya adalah Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), JIEXPO Kemayoran, kawasan Jakarta International Stadium (JIS), dan kawasan Ancol.

"Karenanya membutuhkan keahlian khusus yang kompleks. IMI sangat berperan di sana, memastikan lokasi sirkuit yang dipilih akan dikembangkan lebih lanjut agar sesuai dengan standar FEO dan juga standar FIA," katanya menjelaskan.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membantah lokasi atau sirkuit Formula E akan ditentukan Jokowi. Ia pun meminta Bamsoet untuk mengklarifikasi pernyataan itu.

"Enggak ada. Loh masa lokasi Presiden, ya enggak lah. Lokasi kok masa urusan Presiden," kata Anies di Balai Kota DKI, Kamis (25/11/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X