Habib Palsu Gentayangan di Amuntai Kalsel, Isi Ceramah Bertentangan dengan Alquran & Hadis

- Senin, 25 Oktober 2021 | 09:11 WIB
Habib palsu di Kalsel ngaku sebagai Muhammad Zainuddin Assegaf ditangkap warga (YouTube/ Habib Palsu Kalimantan)
Habib palsu di Kalsel ngaku sebagai Muhammad Zainuddin Assegaf ditangkap warga (YouTube/ Habib Palsu Kalimantan)

Seorang pria bernama Ubbay Dillah Ayyubi beberapa bulan belakangan ini meresahkan warga Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan (Kalsel) lantaran mengaku sebagai seorang habib

Pria yang tinggal di salah satu rumah warga di Desa Rantau Karau Hulu, Kecamatan Sungai Pandan, Hulu Sungai Utara itu mengaku sebagai Habib Muhammad Zainuddin Assegaf dan mengisi ceramah ke berbagai tempat.

Dalam video yang beredar di media sosial, Ubbay sempat mengisi acara ceramah dengan mengenakan gamis panjang, sorban, serta selempang berwarna merah maroon, seperti seorang habib. 

Identitas Ubbay mulai terungkap ketika ditanyai oleh Ketua Mejelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Hulu Sungai Utara dan tokoh agama Alabio serta para habib. 

Saat ditanyai mengenai ilmu agama dan surah-surah, serta ayat suci Alquran, Ubbay tidak bisa menjawabnya. Tak hanya itu, isi ceramah yang disampaikannya selama ini juga bertentangan dengan isi Alquran dan hadis.

Baca juga: Ustaz Encep Disebut Dilantik Nyi Roro Kidul, Pengikutnya Para Kiai Sepuh, Begini Faktanya

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, Ubbay juga tidak bisa membuktikan bahwa ia keturunan dari Zuriatnya Rasulullah SAW atau sayyid/habib. Ia tidak terdaftar di Rabithah atau pun tidak punya buku nasab. 

Alhasil, kini Ubbay diamankan di Polsek Alabio untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Saat ditangkap, petugas juga mengamankan sebilah senjata tajam (sajam) di dalam mobilnya.

Ubbay ditangkap di Desa Rantau Karau Hulu, Minggu (24/10/2021) dan membuat surat pernyataan bahwa dirinya bukanlah seorang habib. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X