Kapolri Keluarkan Instruksi Terkait Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi, Ini Isinya

- Minggu, 8 Agustus 2021 | 16:47 WIB
Kapolri launching program Vaksinasi Merdeka di Polda Metro. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Kapolri launching program Vaksinasi Merdeka di Polda Metro. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melalui Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto baru saja mengeluarkan surat telegram rahasia (STR). STR itu sendiri berisi terkait menjaga dan membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal-III dan kuartal-IV tahun 2021.

"Polri mendukung penuh pertumbuhan ekonomi nasional," kata Komjen Agus dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Minggu (8/8/2021).

Surat telegram itu sendiri dikeluarkan dengan nomor ST/1590/VIII/OPS.2./2021. Instruksi tersebut ditujukan untuk para Kapolda agar memerintahkan Direskrimum dan Direskrimsus untuk melanjutkan serta meningkatkan komunikasi dengan BPKP, Kejaksaan dan BPK RI di wilayahnya.

Berikut isi STR tersebut:

- Pemantauan dan pengawasan terhadap realisasi belanja daerah (APBD) melalui koordinasi dan komunikasi dengan pemda untuk meningkatkan penyerapan anggaran.

- Pemantauan, pengawasan, pendampingan dan asistensi terhadap pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional yakni dalam realisasi program dan penyerapan anggaran perlinkes, perlinsos, program prioritas, dukungan UMKM dan koorporasi serta insentif usaha.

- Mendukung kebijakan pemerintah terutama dalam rangka percepatan perizinian berusaha untuk menjaga iklim investasi dan memberikan rasa aman kepada para investor yang akan dan yang telah berinvestasi diwilayah masing-masing.

- Menghindari tindakan penegakan hukum yang kontra produktif sehingga menghambat upaya pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X