The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Macam-macam Cara Orang Nekat Mudik, Eh Ketahuan Juga
Direktorat Jenderal Perhubungan Laut gagalkan rombongan masyarakat yang nekat mudik secara tersembunyi melalui jalur laut pada Minggu (9/5/2021) di perairan Teluk Jakarta. (ANTARA)
News

Macam-macam Cara Orang Nekat Mudik, Eh Ketahuan Juga

Sampai naik perahu.

Minggu, 09 Mei 2021 15:42 WIB 09 Mei 2021, 15:42 WIB

INDOZONE.ID - Larangan mudik diterapkan oleh pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona pada 6 hingga 17 Mei 2021. Namun masih banyak orang yang mencari berbagai cara demi bisa bertemu keluarga di kampung halaman.

Bebarapa cara dicoba oleh masyarakat untuk menghindari operasi petugas kepolisian yang menjaga aturan larangan mudik. Tapi walau sudah mencoba berbagai cara, ketahuan juga.

Berikut beberapa cara yang dilakukan orang demi bisa mudik ke kampung halaman, walaupun ujung-ujungnya ketahuan dan disuruh putar balik.

1. Memalsukan Dokumen Demi SIKM

Pada masa larangan mudik, tak semua warga dilarang untuk pulang kampung lho. Warga yang ingin mengunjungi keluarganya yang sakit, ibu hamil, atau berkepentingan untuk proses persalinan diperbolehkan mudik. Namun mereka harus membuat Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dengan melengkapi persyaratan tertentu.

Sayangnya, masih banyak orang yang memalsukan dokumen demi mendapat SIKM. Hati-hati lho, pemalsuan dokumen melanggar ketentuan perundangan dengan ancaman hukumna sampai 12 tahun penjara.

2. Melewati "Jalan Tikus"

Pemudik dari Kalimantan Tengah menggunakan "jalan tikus" untuk pulang ke Kalimantan Selatan. Namun, mereka juga terpaksa putar balik karena ketatnya penjagaan di perbatasan dan jalan-jalan tikus yang biasa dilalui warga.

3. Bersembunyi di Truk Pengangkut Motor

Polisi menemukan 10 orang pemudik nekat bersembunyi di dalam truk pengangkut sepeda motor yang akan melintasi gerbang tol Cikupa, Tangerang. Para pemudik itu mengaku akan menuju ke Pandeglang, Banten. Namun mereka tidak bisa lolos begitu saja, Operasi Ketupat Jaya 2021 yang digelar Polda Metro Jaya siap mengamankan pemudik yang bandel.

BACA JUGA: Petugas Patroli Laut Gagalkan Warga yang Nekat Mudik Gunakan Perahu Tradisional

4. Nekat Jalan Kaki

Seorang warga Ciawi, Tasikmalaya bernama Silvi nekat jalan kaki bersama keluarganya demi sampai ke kampung halaman. Hal ini dilakukan Silvi setelah mobilnya disuruh putar balik di Pos Penyekatan Pemudik Letter U Gentong, Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya. Duh, ada-ada saja ya!

5. Mudik Pakai Perahu Tradisional

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mendapati sekelompok warga yang nekat mudik menggunakan perahu tradisional. Aksi mereka ini diketahui di wilayah Teluk Jakarta. Petugas pun memberi teguran dan menyuruh rombongan tersebut putar balik.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US