Mantan Menteri Kesehatan Prancis Diselidiki Atas Dugaan Gagal Tangani Pandemi

- Sabtu, 11 September 2021 | 14:33 WIB
Mantan menteri kesehatan Prancis Agns Buzyn. (Christophe Archambault/Pool melalui REUTERS)
Mantan menteri kesehatan Prancis Agns Buzyn. (Christophe Archambault/Pool melalui REUTERS)

Mantan menteri kesehatan Prancis sedang diselidiki atas dugaan penanganan pandemi Covid-19 yang dianggap tidak beres.

Dilansir BBC, jaksa mengatakan Agns Buzyn sedang diselidiki karena membahayakan kehidupan orang lain, setelah mengundurkan diri pada Februari 2020 untuk pemilihan menjadi walikota Paris.

Ini merupakan salah satu kasus pertama di dunia dari seorang menteri, karena diminta untuk bertanggungjawab secara hukum atas tanggapannya mengenai pandemi.

Pada sidang pengadilan pada hari Jum'at, wanita berusia 58 tahun itu mengatakan dia menyambut baik kesempatan untuk menjelaskan dirinya sendiri.

Baca juga: Naikkan Status Waspada Flu Burung, Prancis Akan Musnahkan Semua Hewan yang Terinfeksi

Buzyn mengambil peran sebagai menteri kesehatan Prancis pada Mei 2017 dan mengundurkan diri hanya beberapa minggu setelah kasus Covid-19 pertama dikonfirmasi di Prancis.

Setelah pengunduran dirinya, Buzyn mencalonkan diri sebagai walikota Paris, tapi  kalah. Mantan dokter itu kemudian bergabung dengan kabinet kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Januari 2021.

Pengadilan menemukan kegagalan yang dilakukan pemerintah Macron, terutama pada tahap awal pandemi. Agns Buzyn yang masih menjabat sebagai menteri kesehatan membuat pernyataan yang tampaknya menunjukkan bahwa situasi di negara itu terkendali, tetapi setelah tak menjabat sebagai menteri ia mengatakan keadaan justru tak terkendali.

Pengadilan juga menyelidiki tuduhan kelalaian dalam penyediaan pakaian pelindung untuk staf kesehatan, dan kebingungan dalam mengeluarkan saran tentang masker.

Menteri Kesehatan Prancis saat ini Olivier Veran dilaporkan juga kemungkinan bisa dipanggil ke hadapan hakim yang sama dalam beberapa minggu mendatang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X