Densus 88 Tangkap 4 Teroris JI di Batam, Ini Perannya

- Kamis, 17 Maret 2022 | 09:39 WIB
Personel Brimob Polda Sultra mengamankan seorang teroris saat simulasi antiteror di komplek perumahan Citra Land di Kendari, Kendari, Sulawesi Tenggara. (ANTARA FOTO/Jojon)
Personel Brimob Polda Sultra mengamankan seorang teroris saat simulasi antiteror di komplek perumahan Citra Land di Kendari, Kendari, Sulawesi Tenggara. (ANTARA FOTO/Jojon)

Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror (Densus 88 AT) Polri melakukan penangkapan teroris di wilayah Batam, Kepulauan Riau. Ada empat teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) yang baru saja ditangkap.

"Densus 88 menangkap empat tersangka teroris di wilayah Batam pada 16 Maret 2022," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Kamis (17/3/2022).

Empat teroris tersebut antara lain berinisial DS, MS, AS dan AR. Keempatnya memiliki peran yang berbeda-beda dalam jaringan JI.

Tersangka pertama, yakni DS, pernah menjabat di bagian Dakwah bidang T3 Batam. Dia juga menjadi pembina sekaligus merekrut anggota baru JI di Batam.

"Tersangka MS merupakan pembina di bawah pimpinan Mudjahid yang merupakan Qoid Korda Batam. MS juga sekitar akhir tahun 2014 mengikuti, menghadiri pertemuan sesama anggota Jamaah Islamiyah di Batam," Ramadhan membeberkan

Teroris ketiga yakni AS, berperan pada 2017 merekomendasikan orang-orang binaan taklim (T3) termasuk dirinya, untuk mengikuti penyaringan Bidang Tamhiz T3 di Medan. Selanjutnya pada tahun 2018, setelah mengikuti penyaringan di Medan, AS kembali ke Batam dan sudah resmi menjadi anggota JI.

"Sedangkan tersangka AR termasuk ke dalam struktur kepengurusan Jamaah Islamiyah Batam sebagai pembina di bawah pimpinan Mudjahid yang merupakan Qoid Korda Batam. Pada sekitar akhir tahun 2014 Ikut menghadiri pertemuan di Batam dengan tujuan untuk bertemu anggota Jamaah Islamiyah daerah Batam," ujar Ramadhan.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X