Soal Seragam Baru Satpam, Ternyata Ini Filosofinya

- Jumat, 4 Februari 2022 | 19:29 WIB
Seragam baru Satpam yang sudah berubah warna. (Dok. Divisi Humas Mabes Polri)
Seragam baru Satpam yang sudah berubah warna. (Dok. Divisi Humas Mabes Polri)

Mabes Polri membeberkan arti atau filosofi dari warna seragam baru yang dikenakan oleh satpam. Diketahui, warna seragam satpam kini kembali berganti.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan menyebut perubahan warna seragam satpam lantaran adanya masukan dan saran ke Polri terkait hal ini. Tujuan perubahan warna seragam satpam agar masyarakat mudah membedakan antara polisi dengan satpam.

"Pergantian seragam satpam dikarenakan ada masukan dan saran yang tentunya sangat kami hargai dan hal ini menjadi masukan untuk Polri agar masyarakat tidak bingung dan tentu ini sebagai identitas satpam sendiri," kata Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (4/2/2022).

Ramadhan menyebut perubahan warna ini mengartikan agar satpam memiliki identitasnya sendiri. Identitas itu lah yang nantinya bisa dibanggakan dari profesi satpam.

"Tentu ini sebagai identitas satpam sendiri yang harus dibedakan merupakan kebanggaan dari pada profesi satpam sehingga seragamnya harus berbeda antara Polri sebagai pembina dan satpam sebagai anggota yang dibina," beber Ramadhan.

Lebih jauh Ramadhan menyebut perubahan seragam satpam hanya sebatas perubahan dibagian warna saja. Mengenai celana maupun atribut lainnya tetap sama seperti seragam lama.

"Perubahan tersebut hanya pada baju atau seragam atas, tidak terjadi perubahan pada celana. Jadi perubahannya hanya terjadi pada baju, tidak pada field cap, tali pinggang dan lain-lain," kata Ramadhan.

Seperti diketahui, seragam satpam sudah resmi berganti warna sejak peringatan HUT satpam tahun ini. Seragam baru ini sudah mulai digunakan oleh satpam di seluruh Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X