Terungkap! Ini Alasan Warga Lakukan Perusakan Makam di Banyuwangi

- Selasa, 7 September 2021 | 11:19 WIB
Perusakan makam Banyuwangi. (Istimewa)
Perusakan makam Banyuwangi. (Istimewa)

Puluhan makam di Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur telah dirusak. Masyarakat yang mengetahui makam telah dirusak mengaku kaget lantaran melihat keadaan makam yang rusak di bagian nisan dan ada beberapa yang dibongkar.

Kapolsek Gambiran AKP Suryono Bhakti menyebut, pengrusakan tersebut diketahui dilakukan oleh warga setempat.

"Niatnya bukan untuk merusak tapi melakukan semacam perbaikan atau menata ulang tata letak kuburan," katanya, dikutip Selasa (7/9).

"Spontan saja (pembongkaran) dilakukan. Jadi pas ada acara pemakaman, ada warga yang usul menata ulang makam yang lama karena TPS sudah sempit. Karena belum komunikasi akhirnya terjadi salah paham," sambungnya.

Tak adanya komunikasi antar warga, menyebabkan pembongkaran tersebut menyebabkan kesalahpahaman lantaran banyak yang menduga jika pembongkaran dilakukan oleh oknum tak dikenal.

Sementara itu, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Yunis Sugianto menegaskan jika warga yang melakukan pembongkaran telah meminta maaf dan akan melakukan perbaikan ulang.

"Sudah diperbaiki. Karena letaknya di tebing dan biar tidak longsor sehingga makam-makam yang sudah lama harus ditata ulang," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X