The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menlu: 32 WNI Memilih Tetap Tinggal di Ukraina, Mayoritas Alasan Keluarga
WNI di Ukraina dievakuasi ke Rumania. (Dok. Kemlu)
News

Menlu: 32 WNI Memilih Tetap Tinggal di Ukraina, Mayoritas Alasan Keluarga

Merasa berat meninggalkan keluarganya.

Rabu, 06 April 2022 12:19 WIB 06 April 2022, 12:19 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan bahwa masih ada 32 warga negara Indonesia (WNI) yang memilih tinggal di Ukraina meskipun di tengah konflik invasi oleh negara Rusia. Hal ini dikatakan Retno dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/4/2022).

“Masih terdapat 32 WNI yang memilih tinggal di Ukraina,” ujar Retno. 

Retno memaparkan apabila 23 orang WNI masih memilih tinggal di Ukraina karena ada yang berasalan pribadi, lalu memilih alasan keluarga dan sembilannya lainnya adalah staf KBRI di Ukraina.

“23 orang memilih tinggal dengan berbagai alasan pribadi, termasuk alasan keluarga, dan sisanya staf KBRI,” tutur Retno.

Baca Juga: Detik-Detik Garuda Indonesia Evakuasi 80 WNI dari Ukraina

Lebih lanjut Retno berujar jika total WNI yang ada di Ukraina berjumlah 165 orang. Kemudian sudah ada 133 orang dievakuasi untuk keluar dari sana.

Dia kemudian merinci apabila dari 133 orang yang dievakuasi keluar Ukraina ada 80 kembali ke Indonesia.  Setelah itu ada 5 orang yang dievakuasi ke Bucharest Rumania, mereka kemudian memilih untuk tinggal di Rusia, Turki, Denmark dan Qatar.

“34 orang dipulangkan ke Indonesia melalui beberapa gelombang evakuasi lanjutan.  12 orang melakukan evakuasi mandiri ke berbagai negara, dan 2 orang yang tidak melakukan lapor diri telah dikonfirmasi berada di Indonesia,” tandas Retno.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US