Fakta Menarik Mbah Minto, YouTuber Sepuh Asal Klaten, Sederhana dan Dikagumi Banyak Orang

- Kamis, 23 Desember 2021 | 17:20 WIB
Fakta mengenai YouTuber sepuh asal Klaten Mbah Minto (YouTube/Ucup Klaten)
Fakta mengenai YouTuber sepuh asal Klaten Mbah Minto (YouTube/Ucup Klaten)

Kabar duka cita meninggalnya YouTuber, Mbah Minto pada Rabu, 22 Desember 2021 meninggalkan kesedihan di hati banyak orang, khususnya bagi warga Klaten, Jawa Tengah. 

Sebelum menghembuskan napas terakhirnya, Mbah Minto yang berusia 85 tahun itu sempat menjalani perawatan di RS Islam Klaten, usai terjatuh di kamar mandi. 

"Innalillahi wa innailaihi rojiun, Sugeng Tindak Mbah Minto, Karyamu abadi. Mugi Gusti Allah paring pangapunten sedoyo kalepatan lan nglebur sedaya dosa2nipun, Amin," tulis Herman Hadi Basuki, kreator video Mbah Minto, Kamis (23/12/2021).

Profil Mbah Minto

-
Mbah Minto. (YouTube/Ucup Klaten)

Wanita lansia itu memiliki nama asli Minto Suwito Siyam. Ia memiliki empat orang anak dan tinggal di Dusun Selorejo, Krakitan, Bayat, Klaten, Jawa Tengah. 

Viral karena video gagal mudik

Mbah Minto mulai dikenal banyak orang usai video dagelan gagal mudik dirinya viral di media sosial. Video itu diunggah di kanal YouTube Ucup Klaten dan sukses meraup jutaan penonton. 

Terkenal di usia senja

-
Mbah Minto. (YouTube/Ucup Klaten)

Mbah Minto memang sudah cukup tua saat tenar di YouTube. Bahkan orang seusianya sudah tidak ada di kampung tempatnya tinggal. Meskipun begitu, di umur senjanya itu Mbah Minto tetap semangat memberikan hiburan ke banyak orang. 

Dikenal sebagai sosok sederhana

-
Mbah Minto. (Instagram/@ucup_jbsklaten)

Bukan hanya menghibur banyak orang, Mbah Minto juga dikenal sebagai sosok yang sederhana. Ia pernah dibayar Rp20 ribu saat pertama kali Ucup mengajaknya membuat video. Saat itu subscriber-nya masih di bawah 100 ribu.

Dapat THR dari Gubernur Jateng

Karena kesederhanaannya itulah, banyak orang yang kagum akan dirinya. Termasuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ganjar sempat menghubungi Mbah Minto melalui live Instagram bersama Ucup dan memberikan THR sebesar Rp1 juta.

Baca juga: Sultan! Mbah Minto Cari Kayu Bakar Pakai Mobil Mewah, Netizen: Bukan Kaleng-kaleng

Dikunjungi Syekh Ahmad Al-Misry

-
Mbah Minto dan Syekh Ahmad Al-Misry(Instagram/@ucup_jbsklaten)

Bukan hanya itu, wanita lansia yang kerap disapa si Mbok itu juga pernah dikunjungi Syekh Ahmad Al-Misry yang tak lain merupakan juri Hafiz Indonesia. Dalam kunjungannya itu, Syekh Ahmad memberikan hadiah gambar papyrus tanaman yang berasal dari Mesir ke Mbah Minto. 

Dihubungi Najwa Shihab

-
Mbah Minto saat tampil di Mata Najwa. (Instagram/@ucup_jbsklaten)

Kerap menyampaikan pesan dengan kocak dan sederhana, Mbah Minto juga sempat dihubungi oleh presenter dan jurnalis senior, Najwa Shihab ketika memandu acara Mata Najwa. 

Najwa mengurai ucapan terima kasih ke Mbah Minto karena telah menjadi bintang video imbauan agar tidak mudik di masa pandemi COVID-19.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X