Demi Memudahkan Masyarakat, Kemenhub Rancang Sistem Transportasi Modern di Ibu Kota Baru

- Selasa, 25 Mei 2021 | 18:02 WIB
Demi Memudahkan Masyarakat, Kemenhub Rancang Sistem Transportasi Modern di Ibu Kota Baru
Demi Memudahkan Masyarakat, Kemenhub Rancang Sistem Transportasi Modern di Ibu Kota Baru

Kemenhub disebut merancang sistem transportasi pintar, terpadu, dan berkelanjutan di Ibu Kota Negara (IKN) Kalimantan Timur guna memudahkan konektivitas masyarakat di wilayah tersebut.

Kemenhub melalui Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan pihaknya akan menerapkan sistem transportasi berbasis kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan menggunakan internet dalam operasionalnya.

Selain konektivitas, ia mengatakan IKN Kaltim akan dikembangkan sebagai wilayah ekonomi yang dikolaborasikan dengan daerah sekitarnya, seperti Balikpapan dan Samarinda.

"Ibu kota negara akan mendorong pengembangan ekonomi melalui kolaborasi segitiga perkotaan inti bersama Balikpapan dan Samarinda sebagai superhub," kata Budi dalam webinar "Sistem Transportasi Cerdas di Ibu Kota Negara" yang digelar Balitbang Perhubungan Kemenhub di Jakarta, Selasa (25/5) dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Hampir 100 Ribu PNS Misterius Dapat Gaji, Tapi Tidak Ada Orangnya

Budi menjelaskan IKN dirancang sebagai pusat pemerintahan dan inovasi hijau yang ramah lingkungan.

Kemudian, Balikpapan akan dikembangkan sebagai pusat petrokimia dan logistik, sementara Kota Samarinda akan terus dikembangkan sebagai daerah pengembangan sektor energi.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Ditjen Perhubungan Darat menerapkan sistem transportasi yang mengadopsi teknologi informasi dan komunikasi pada bidang transportasi darat, termasuk infrastruktur, kendaraan, pengguna, hingga manajemen lalu lintas dan pergerakannya.

"Pembangunan di IKN harus terintegrasi intramoda dan antarmoda sehingga pembangunan transportasi darat harus dapat menghubungkan simpul-simpul kegiatan mulai jaringan hingga layanan yang ada," katanya.

Kemenhub optimistis bahwa rencana dan kebijakan sektor transportasi yang telah disusun akan mampu memberikan dukungan terhadap rencana pembangunan IKN yang cerdas, hijau, indah, dan berkelanjutan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X