Kesulitan Dapat Air Besih, Warga Muara Angke Gruduk Kantor Anies

- Selasa, 22 Februari 2022 | 14:57 WIB
Sejumlah warga datangi Balai Kota DKI Jakarta. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Sejumlah warga datangi Balai Kota DKI Jakarta. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Sejumlah warga terlihat mendatangi kantor Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yakni ke gedung Balai Kota DKI, Jakarta Pusat. Rupanya mereka adalah warga Blok Limbah, Blok Empang, Blok Eceng di Muara Angke, Jakarta Utara.

Mereka berkumpul di depan kantor Anies sambil membawa jerigen kosong. Jerigen tersebut perlihatkan mereka sebagai salah satu bukti bahwa lingkungan tempat tinggalnya mengalami kekurangan air bersih.

"Air! Air! Air!," teriak sejumlah warga yang berada di depan Balai Kota DKI tersebut, Selasa (22/2/2022).

Tak lama, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda DKI Jakarta, Afan Adriansyah Idris keluar dari gedung dan menghampiri warga yang tengah melakukan aksinya. Ia pun langsung mendengarkan keluhan warga.

Nurweni, salah satu warga Muara Angke menjelaskan bahwa sejak pertama kali kampungnya bertumbuh pada 1980 hingga saat ini, tidak ada layanan air minum yang disediakan oleh Pemprov DKI.

"Selama ini warga mengonsumsi air minum dengan cara membeli air yang bersumber dari air isi ulang galon dan air kemasan dalam botol. Sedangkan untuk kebutuhan cuci mandi warga menggunakan air yang bersumber dari air tanah dalam dan pikulan," ungkap Nurweni.

Menanggapi keluhan warga tersebut, Afan menyebut BUMD PAM Jaya telah merencanakan penempatan kios air untuk pemenuhan kebutuhan air bersih warga Muara Angke pada tahun ini.

"PDAM itu tahun ini memang akan bangun kios air. Lokasi yang ada di kampung ini ada tiga kampung kan? Blok Empang, Blok Limbah, Blok Eceng, itu sudah masuk dalam program yang akan dikerjakan PDAM pada tahun ini," jelas Afan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X