The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Duet Ganjar-Erick Thohir Berpeluang Bisa Kalahkan Prabowo-Puan di Pilpres 2024
Ganjar saat bertemu dengan Erick Thohir. (photo/dok.Pemprov Jawa Tengah)
News

Duet Ganjar-Erick Thohir Berpeluang Bisa Kalahkan Prabowo-Puan di Pilpres 2024

Minggu, 05 Desember 2021 22:30 WIB 05 Desember 2021, 22:30 WIB

INDOZONE.ID - Indikator Politik Indonesia baru saja melakukan simulasi terkait pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang berpeluang maju di Pilpres 2024 mendatang.

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati dua urutan teratas untuk tokoh-tokoh yang memiliki elektabilitas tinggi menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 versi lembaga survei Polmatrix Indonesia.

Hasil survei Polmatrix Indonesia yang disiarkan di Jakarta, Minggu, menunjukkan Prabowo memperoleh angka elektabilitas tertinggi 19,5 persen diikuti oleh Ganjar 19,2 persen.

“Prabowo dan Ganjar muncul sebagai dua capres (calon presiden) terkuat. Prabowo kembali unggul,” kata Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto sebagaimana dikutip dari ANTARA, Minggu (5/12).

Selain melakukan simulasi terhadap capres perorangan, Indikator juga melakukan simulasi terhadap tiga poros pasangan capres dan cawapres.

Pada simulasi pertama mereka memasangkan Anies Baswedan bersama Erick Thohir, kemudian Ganjar Pranowo bersama Airlangga Hartarto, serta pasangan Prabowo Subianto bersama Puan Maharani.

Hasil dari simulasi pertama, pasangan Prabowo-Puan mendapatkan dukungan terbanyak yakni 29,6%. Sedangkan Ganjar-Airlangga mendapatkan 28,8%, dan yang terakhir Anies-Erick 28,2%.

Baca juga: Erick Thohir Ungkap Penyandang Disabilitas Harus Dapat Kesempatan yang Sama

Pada simulasi kedua, Indikator pun mencoba untuk menduetkan Anies Baswedan dengan Sandiaga Uno, lalu Ganjar Pranowo dipasangkan dengan Erick Thohir dan terakhir  Prabowo Subianto dengan Puan Maharani.

Hasil dari simulasi tersebut, Ganjar-Erick, mendapatkan dukungan tertinggi dengan angka 31,1%. Sedangkan Anies-Sandiaga dengan angka 30,8%, dan Prabowo-Puan didukung oleh 28,1%.

Sementara itu ada 10 % yang tidak menjawab atau tidak tahu.

Untuk diketahui, Indikator Politik Indonesia melakukan survei tatap muka pada 2-6 November 2021 lalu, dengan jumlah responden mencapai 2.020 orang.

Dikabarkan survei tersebut memiliki margin of error kurang lebih 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
JOIN US
JOIN US