Hadapi Puncak Musim Hujan, Wagub DKI: Prioritas Utama Tidak Ada Korban Jiwa

- Kamis, 30 Desember 2021 | 11:55 WIB
Antisipasi puncak curah hujan tinggi. (Dok. Pemprov DKI)
Antisipasi puncak curah hujan tinggi. (Dok. Pemprov DKI)

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria melakukan sejumlah antisipasi puncak curah hujan tinggi dan potensi rob pada periode Januari hingga Februari 2022. Maka dari itu dibutuhkan kesiapsiagaan sumber daya dan sarana di tingkat wilayah. 

Riza berharap pelaksanaan penempatan petugas penanggulangan bencana dan pendistribusian sarana pendukung menghadapi musim hujan dapat menambah kekuatan Pemprov DKI Jakarta dalam penanganan bencana khususnya genangan/banjir

"Sumber daya manusia dan peralatan yang telah didistribusikan agar dapat diberdayakan secara maksimal, sehingga penanganan bencana dapat dilakukan secara cepat, tepat dan akurat," ucap Riza, Kamis (30/12/2021). 

Riza menambahkan bahwa dalam penanggulangan bencana, diperlukan sinergitas multi pihak dan kolaborasi pentahelix antara pemerintah, TNI-Polri, masyarakat, dunia usaha, akademisi dan media massa, agar penanganan bencana dapat dilakukan dengan optimal.

Baca juga: Ditanya Soal Banjir Jakarta, Kadis SDA DKI Hanya Acungi Jempol

"Prioritas Pemprov DKI Jakarta dalam penanggulangan bencana ada dua hal, yaitu memastikan tidak ada korban jiwa; mitigasi bencana melalui Siaga, Tanggap dan Galang," terangnya. 

"Kedua, recovery. Percepatan memulihkan kondisi kembali normal sehingga semua yang terdampak dapat menjalani kehidupan yang biasa dengan baik," tambah Riza.  

Adapun, sarana pendukung menghadapi musim hujan pada lima wilayah kota dan kabupaten administrasi Kepulauan Seribu, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, dan Satpol PP Provinsi DKI Jakarta dengan rincian: 

  • Perahu PE : sebanyak  230 unit
  • Ring Buoy : sebanyak  460 buah
  • Senter Jinjing : sebanyak 1.000 buah
  • Tenda Pengungsi : sebanyak  70 unit
  • Velbed : sebanyak  720 buah
  • Bilik Isolasi : sebanyak  700 buah

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X