Benarkah Virus Korona Baru Bisa Menular Lewat Tinja?

- Selasa, 4 Februari 2020 | 12:59 WIB
Ilustrasi: staf medis saat merawat pasien yang terjangkit virus korona (China Daily)
Ilustrasi: staf medis saat merawat pasien yang terjangkit virus korona (China Daily)

Baru-baru ini, peneliti dari Shenzhen Third People's Hospital, Tiongkok mengatakan bahwa mereka menemukan jejak virus korona baru (2019-nCoV) di tinja beberapa pasien yang terjangkit virus korona.

Hasil penemuan ini menujukkan adanya kemungkinan penularan virus korona tak hanya melalui kontak cairan dari pernapasan.

-
Staf medis melakukan pengukuran suhu tubuh seorang pria di pintu masuk rumah sakit ketika negara itu dilanda wabah virus corona baru, di Suichuan, provinsi Jiangxi (China Daily)

Dilansir dari South China Morning Post, para peneliti tersebut menemukan jejak genetik berupa ribonucleic acid novel coronavirus di tinja pasien virus korona.

"Dokter, terutama ahli pencernaan, harus memperhatikan dengan cermat gejala pneumonia atipikal yang disebabkan oleh infeksi virus korona baru dan mengambil perlindungan pribadi terhadap muntah dan kotoran," demikian pernyataan dari peneliti.

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait penlularan virus korona melalui tinja. Hal itu dikarenakan belum ada bukti klinis terkait penularan melalui tinja.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X