Kemendikbud Dorong Sekolah Agar Maksimalkan Penggunaan SIPLah

- Jumat, 22 November 2019 | 22:55 WIB
photo/ANTARA/Anis Efizudin
photo/ANTARA/Anis Efizudin

Untuk mendapatkan hasil yang baik terkait penggunaan Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah) sebagai sarana Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ), sumber dana dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Kemendikbud akan terus melakukan penguatan.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kemendikbud, Ade Erlangga Masdiana mengatakan SIPLah ini sebagai salah satu wujud komitmen pemerintah dalam mewujudkan tata kelola keuangan pendidikan yang transparan dan akuntabel.

Kehadiran SIPLah dapat menjadi solusi untuk peningkatan tata kelola sekolah. SIPLah bermanfaat dalam tata kelola keuangan.

"Dokumentasi elektronik setiap transaksi jumlah, jenis, semua itu dikelola dengan baik", ujar Ade dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Melalui SIPLah, tambah Erlangga, setidaknya terdapat tiga tujuan yang dapat dicapai, yaitu penguatan tata kelola keuangan sekolah yang baik.

Sehingga keberadaan data transaksi menjadikan proses pengendalian dan pemantauan lebih mudah dan dapat meminimalisasi modus pengadaan fiktif, efisiensi anggaran dengan tingkat harga keseluruhan lebih rendah dan opsi penyedia yang lebih banyak dan beragam.

"Dengan adanya aplikasi ini, sekolah memiliki lebih banyak alternatif untuk pelaksanan belanja, dan membuka kesempatan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah, termasuk toko-toko yang berada di sekitar sekolah", terang dia.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X