Sosok PNS Pertama di Indonesia yang Ternyata Seorang Sultan
Twitter/@humas_jogja/Ilustrasi/Antara/Syaiful Arif
News

Sosok PNS Pertama di Indonesia yang Ternyata Seorang Sultan

Sabtu, 30 November 2019 14:34 WIB 30 November 2019, 14:34 WIB

INDOZONE.ID - PNS adalah salah satu pekerjaan yang banyak diinginkan oleh warga Indonesia. Ada ratusan ribu hingga jutaan PNS yang tersebar di Indonesia. Namun, taukah kamu siapa PNS pertama di Indonesia?

Beredar sebuah foto yang memperlihatkan foto kartu PNS pertama di Indonesia. Pemilik kartu tersebut ternyata adalah seorang sultan. Dia adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Sri Sultan Hamengkubuwono IX terdaftar sebagai PNS pertama di Indonesia. Seperti yang terlihat di kartu, Nomor Induk Pegawai (NIP) yang dimiliki Sri Sultan Hamengkubuwono IX didominasi angka satu dan nol, yaitu 010000001.

Foto ini sendiri pertama kali diunggah oleh akun Twitter humas_jogja.

"Tahukah sedulur, bahwa Sri Sultan Hamengku Buwono IX adalah PNS pertama di Indonesia dengan NIP (Nomor Induk Pegawai) 010000001. Apakah sedulur sudah siap untuk mengabdi dan menjadi ASN di Pemda DIY?" tulis akun tersebut.

Cuitannya pun mengundang beragam reaksi dari netizen. Ada pula netizen yang justru salah fokus sosok sosok yang menandatangani kartu tersebut.

"Berarti Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara yg tanda tangan itu bukan pns ya, lur (dulur)?," tanya seorang netizen dengan akun affansf.

Humas Pemda Yogyakarta kemudian mencoba menjelaskan kepada netizen tersebut.

"Alm. A.E Manihuruk yang mengangkat Sri Sultan Hamengku Buwono IX sebagai PNS pertama di Indonesia. Beliau merupakan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara yang saat itu statusnya bukan PNS, karena Kepala Badan kebanyakan berasal dari Pejuang, Tentara atau Politikus," jawab akun tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU