Indonesia Berkomitmen Bebas Dari Sampah Padat di Laut Sampai 70 Persen

- Sabtu, 30 November 2019 | 00:45 WIB
photo/ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
photo/ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Indonesia berkomitmen dan berusaha mengurangi sampah padat di laut sampai 70 persen pada tahun 2025 yang akan dikukuhkan dalam Aksi Bersih Pantai di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, Jakarta, pada Sabtu (30/11) .

Aksi Bersih Pantai ini diselenggarakan oleh Direktorat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) bekerja sama dengan Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk ASEAN guna memperkuat aksi dan kolaborasi antarnegara Anggota ASEAN serta Negara Mitra ASEAN, untuk mencegah dan mengurangi pencemaran sampah plastik yang berasal dari aktivitas manusia di darat maupun di laut.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dijadwalkan membuka kegiatan Aksi Bersih Pantai bertajuk "ASEAN Coastal Clean-Up 2019".

Siaran pers dari KLHK, pembukaan kegiatan Air Bersih Pantai ini akan dihadiri sekitar 20 duta besar dan perwakilan pemerintah dari negara anggota ASEAN dan negara Mitra ASEAN.

Selain itu, turut hadir juga pejabat dari KLHK serta pejabat dan kementerian dan lembaga terkait lainnya.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan, kegiatan Aksi Bersih Pantai ini merupakan upaya konkret Indonesia untuk merespon tantangan baru masyarakat global dalam menjaga ekosistem laut, yakni isu sampah, plastik, dan mikroplastik.

Tantangan baru ini menimbulkan masalah lingkungan, ekonomi, kesehatan, dan permasalahan sosial yang mengancam kehidupan manusia serta biota laut, menurutnya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X