Pasca Baku Tembak Polda Papua Vs KKB, Tembagapura Kini Kondusif

- Selasa, 17 Maret 2020 | 10:34 WIB
Ilustrasi baku tembak (Pixabay/MikeWildadventure)
Ilustrasi baku tembak (Pixabay/MikeWildadventure)

Baku tembak sempat terjadi pada Sabtu (14/3/2020) lalu, antara Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dengan Satgas Nemangkawi di Papua. Pasca adu tembak yang berujung kematian empat anggota KKB tersebut, Polda Papua menyebut kondisi wilayahnya masih kondusif.

"Pasca kejadian tersebut saat ini situasi keamanan di Distrik Tembagapura aman dan kondusif," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal saat dikonfirmasi Indozone, Selasa (17/3/2020).

KKB sendiri diketahui berada di area Tembagapura dan terus berusaha masuk ke area yang dijaga oleh personel TNI-Polri itu. KKB yang sempat baku tembak dengan satgas diketahui merupakan anak buah dari pimpinan KKB, Seltius Walker yang memiliki markas di bukit Kaliboa, Timika, Papua.

Kombes Kamal memastikan pihaknya akan tetap melakukan tindakan tegas kepada para kelompok yang meresahkan warga termasuk KKB ini. 

"Saya tegaskan bahwa kami akan terus melakukan penegakkan hukum terhadap anggota Kelompok Kriminal Bersenjata yang meresahkan warga," tegas Kamal.

Kemudian, Kamal merinci empat orang anggota KKB yang dinyatakan tewas usai baku tembak dengan TNI-Polri. Identitas keempat orang itu yakni Pentium Muda Waker (45), Moni Waker (30), Lani Magai (30) dan seorang perempuan bernama Lera Magai (28).

Seperti diketahui, Satgas Nemangkawi sempat adu tembak dengan KKB pada (14/3/2020) di Mimika Papua. Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono menyebut ada empat anggota KKB yang tewas, namun jasadnya sudah langsung dibakar oleh anggota KKB yang lain.

"Pada tanggal 14 Maret tim satgas tindak dari Satgas Nemangkawi ada kontak tembam dengan Kelompok Kriminal Bersenjata di Pos Pantau Buyamin di sana," kata Argo sebelumnya.

"Dalam kontak tembak kemarin ada empat anggota KKB kita duga meninggal itu ada empat orang dan setelah kita cek di lokasi sudah dibakar di sana," sambungnya.

Usai baku tembak, satgas mendatangi markas Bukit Sangker KKB. Di sana satgas mendapati sejumlah senjata laras panjang yang merupakan hasil rampasan KKB dari polsek sekitar beberapa waktu lalu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X