Polisi Jelaskan Kronologi Pembuangan APD di Selokan Jagakarsa

- Kamis, 9 April 2020 | 08:58 WIB
Polisi mengecek lokasi APD yang dibuang ke selokan Jagakarsa. (Humas Polda Metro Jaya)
Polisi mengecek lokasi APD yang dibuang ke selokan Jagakarsa. (Humas Polda Metro Jaya)

Sebuah video merekam aksi massa yang membuang alat pelindung diri (APD) ke saluran air atau got. Video itu pun viral dan pihak kepolisian turun langsung mengecek kebenaran info tersebut.

"Pada Rabu, 8 April 2020, pukul 10.00 WIB sudah dilakukan pengecekan terhadap APD yang di buang di saluran air," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, saat dikonfirmasi, Kamis (9/4/2020).

Yusri mengatakan TKP APD yang dibuang itu ada di Jalan RM Kahfi 1 RT 009/06 Kelurahan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Pihak kepolisian pun sudah memeriksa beberapa saksi dari masyarakat di sana.

"Dari keterangan saksi pada hari Selasa tanggal 7 April 2020, sekitar 16.00 WIB ditemukan diduga baju APD di TKP," ungkap Yusri.

Menurut saksi yang sudah diperiksa, APD itu ditemukan setelah dibuang seseorang yang berada di mobil ambulans. Para saksi tidak mengetahui ambulans dari rumah sakit mana yang membuang APD tersebut. 

"APD itu dibuang dari mobil ambulans yang terparkir di depan TKP, namun pengemudi tidak ada yang turun. Ciri-ciri mobil ambulansnya ada motif garis-garis," kata Yusri.

-
Polisi mengecek lokasi APD yang dibuang ke selokan Jagakarsa (Humas Polda Metro Jaya).

Selanjutnya, pihak RW dikatakan Yusri memilih memusnahkan APD itu dengan cara dibakar. Namun, sebelum dibakar ada warga yang merekam dan memviralkan video penemuan APD itu.

"Pada pukul 21.00 WIB Ketua RW 06 bersama anak karang taruna RW 06, atas saran Kepala Puskesmas Jagakarsa membakar baju diduga APD itu dengan cara disemprot dulu menggunakan cairan disinfektan terlebih dahulu dan disiramkan bensin," papar Yusri.

Saat ini pihak kepolisian masih menyelidiki kasus tersebut. Pihak kepolisian akan menyisir Puskesmas hingga rumah sakit di wilayah Jagakarsa untuk memastikan apakah ada tenaga medis di sana yang sengaja membuang APD itu.

"Rencana tindak lanjut anggota Reskrim Polres dan Polsek masih meminta keterangan saksi yang melihat dan menyisir ke Puskesmas dan RS wilayah Jagakarsa untuk mengecek apa ada yang membuang APD di wilayah Jagakarsa," kata Yusri.

Video viral penemuan APD itu tersebar di media sosial Instagram salah satunya @jakarta.terkini. Dalam video itu, terlihat sebuah APD lengkap ditemukan disebuah saluran air rumah warga.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X