Gubernur Jabar Ridwan Kamil: 226 Jemaat Gereja Bethel Bandung Positif Corona

- Jumat, 3 April 2020 | 17:33 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kanan), memberikan keterangan pers usai melakukan koordinasi, di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat. (ANTARA/Novrian Arbi)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kanan), memberikan keterangan pers usai melakukan koordinasi, di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat. (ANTARA/Novrian Arbi)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, sudah menerima 15 ribu hasil tes cepat atau rapid diagnostic test (RDT) terhadap warga Jawa Barat. Hasilnya 677 orang dinyatakan positif Covid-19.

"Kamis sudah kami bagikan hampir 50 ribu rapid test ke seluruh kabupaten dan kota, tapi yang baru dilaporkan hasilnya itu hampir 15 ribu. Dari 15 ribu yang dilaporkan kembali ke kami, berita buruknya Pak Wapres, terdapat 677 positif," ucap Ridwan Kamil saat melakukan telekonferensi dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dikutip Antara, Jumat  (3/4/2020).

Pria yang akrab diapa Kang Emil itu menerangkan angka 677 kasus positif Covid-19 tersebut belum ditetapkan sebagai angka resmi warga Jawa Barat penderita virus corona jenis baru itu. Tes kedua akan dilakukan terhadap 677 warga Jabar tersebut dengan cara swab.

"Kami akan lakukan tes kedua dengan swab. Jadi belum saya laporkan yang 677 positif rapid test itu. Nanti kalau sudah selesai di-swab, baru kami laporkan sebagai angka (resmi) di Jawa Barat," jelasnya.

Dari angka 677 hasil positif tes cepat itu, Ridwan Kamil mengatakan jumlah terbesar didapat dari dua tempat, yakni Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Polri di Sukabumi sebanyak 300-an kasus dan Gereja Bethel di Kota Bandung sebanyak 200-an kasus.

-
Petugas Dinas Kesehatan mengambil sampel darah pengguna kendaraan saat tes cepat (rapid test) Covid-19 dengan sistem drive thru. (ANTARA/Muhammad Adimaja).

Kasus Covid-19 di Setukpa Polri Sukabumi ditemukan setelah terdapat tujuh orang positif dan dilakukan tes cepat terhadap seluruh penghuni sekolah polisi tersebut. Saat ini, Setukpa Polri Sukabumi diisolasi dan seluruh kegiatan dikendalikan langsung Kapolri Jenderal Idham Azis.

Sementara kasus di Gereja Bethel Kota Bandung, lanjut Emil, dilakukan tes cepat terhadap 637 anggota gereja dan ditemukan 226 orang di antaranya positif corona.

"Yang di Kota Bandung itu kurang lebih ada 200-an yang positif, itu datang dari satu jemaat Gereja Bethel. Jadi mereka berkumpul, pendetanya melakukan kontak fisik, sementara pendeta dan istrinya meninggal karena Covid-19," kata dia.

Pelaksanaan tes cepat di seluruh wilayah Jabar itu dilakukan secara masif, baik melalui fasilitas kesehatan di rumah sakit dan puskesmas, maupun secara proaktif dengan mendatangi warga serta layanan drive through.

Artikel Menarik Lainnya

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X