Presiden Jokowi Sebut PON XX Menggambarkan Kemajuan Papua

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 19:27 WIB
Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). (photo/ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). (photo/ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Disaat pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan jika PON XX itu menggambarkan kemajuan di pulau yang memiliki kekayaan sumber daya alam melimpah tersebut.

“Pekan olahraga ini menggambarkan kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan infrastruktur di tanah Papua, dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional,” kata Presiden Jokowi saat membuka PON XX Papua, Sabtu (2/10) dikutp dari ANTARA.

Menurut presiden Jokowi, PON memiliki makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia. PON merupakan panggung persatuan, panggung kebersamaan, panggung persaudaraan, panggung kesetaraan, dan panggung keadilan untuk maju dan sejahtera bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Presiden Jokowi juga menekankan Stadion Lukas Enembe, Jayapura, yang berdiri megah bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua. Masih banyak pencapaian pembangunan lainnya di Papua seperti infrastruktur untuk konektivitas laut, darat dan udara serta pengembangan potensi Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca juga: FOTO: Suasana Upacara Pembukaan PON XX Papua

“Konektivitas laut, konektivitas darat, konekltivitas udara, bandara, pelabuhan, jalan lintas papua, serta pengembangan Sumber Daya Manusia Papua, serta capaian-capaian lain merupakan kemajuan Papua yang sangat membanggakan ini,” ujar Presiden.

Jokowi menjelaskan bahwa selain meningkatkan kualitas dan kuantitas lembaga pendidikan formal, dirinya juga berupaya mencetak wirausaha muda dari Papua untuk memberikan nilai tambah, dan mengembangkan bakat dan potensi anak muda Papua. Pada Sabtu pagi, Presiden telah meresmikan Papua Youth Creative Hub, di Distrik Abepura, Kota Jayapura.

Presiden mengajak seluruh masyarakat untuk merayakan PON dengan penuh suka cita, dan menjunjung tinggi sportivitas dan mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan serta persatuan dan kesatuan bangsa.

“Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat, mari tunjukkan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON xx ini,” kata Presiden Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X