Kebakaran Rumah Sakit di Irak Menewaskan Puluhan Orang

- Selasa, 13 Juli 2021 | 08:48 WIB
Kebakaran rumah sakit di Irak. (REUTERS/Essam al-Sudani)
Kebakaran rumah sakit di Irak. (REUTERS/Essam al-Sudani)

Lebih dari 40 orang tewas setelah kebakaran terjadi di bangsal isolasi virus corona di sebuah rumah sakit di Irak.

Kebakaran di rumah sakit Al-Hussein di kota selatan Nasiriya berhasil dikendalikan pada hari Senin malam. Penyebab kebakaran ini tidak jelas, tapi laporan awal menunjukkan insiden ini terjadi karena tangki oksigen meledak.

Dilansir BBC, pejabat kesehatan Haydar al-Zamili mengatakan bahwa ada kekhawatiran orang masih terjebak di dalam bangsal  yang dilaporkan memiliki ruang untuk 60 pasien.

Setelah kebakaran, para pengunjuk rasa berdemonstrasi di luar rumah sakit, orang-orang juga memposting insiden tersebut di media sosial menuntut pengunduran diri para pejabat.

"Bukti nyata dari kegagalan untuk melindungi kehidupan Irak, dan sekarang saatnya untuk mengakhiri kegagalan bencana ini," tweet ketua perlemen Irak Mohammed Al-Halbousi, dikutip dari BBC.

Bulan April, tangki oksigen yang meledak  memicu kebakaran  yang menewaskan sedikitnya 82 orang di sebuah rumah sakit di ibukota Baghdad, setelah kejadian ini Menteri Kesehatan Hassan al-Tamimi mengundurkan diri.

Pandemi virus corona sangat membebani layanan kesehatan Irak, yang telah menderita bertahun-tahun perang, pengabaian dan korupsi.

Irak telah mencatat 1,4 juta infeksi dan melaporkan lebih dari 17.000 kematian akibat virus corona, menurut data Universitas Johns Hopkins.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X