The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Wakil Ketua Komisi III Minta Kapolri Kaji Ulang Penerapan Jalur Sepeda Permanen
Pesepeda melintasi jalur khusus sepeda yang telah diberikan pembatas jalur permanen di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)
News

Wakil Ketua Komisi III Minta Kapolri Kaji Ulang Penerapan Jalur Sepeda Permanen

Ahmad Sahroni.

Rabu, 16 Juni 2021 14:25 WIB 16 Juni 2021, 14:25 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni berharap agar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dapat melakukan evaluasi dan mengkaji ulang keberadaan jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin. 

“Mohon kiranya Pak Kapolri evaluasi jalur permanen sepeda yang sudah ada di Sudirman-Thamrin. Jangan sampai ada isu tentang diskriminasi baik sepeda roadbike dan sepeda seli,” kata Sahroni saat rapat dengan Kapolri, Rabu (16/6/2021).

Menurut Sahroni, saat ini sudah ada gesekan antar-komunitas sepeda yang muncul karena lantaran dugaan adanya diskriminasi. Selain itu, nantinya ada pengendara motor yang ingin meminta jalur khusus bila pola ini terus dibiarkan.

"Kita ingin bagaimana jalan ini tidak ada diskriminasi, baik untuk road bike maupun seli bike. Bila perlu dibongkar dan semua pelaku jalan bisa menggunakan jalan tersebut. Bilamana ada risiko, ditanggung masing-masing di jalan yang ada di Sudirman-Thamrin,” tegas Sahroni.

Baca Juga: Polri Tangkap 27 Orang Tersangka Pungli di Pelabuhan Tanjung Priok

Sementara itu, Anggota Komisi III Fraksi Nasdem Taufik Basari menyampaikan bilamana isu pesepeda yang sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat.

“Jadi fakta menunjukkan memang sepeda ini sedang tren. Ada komunitasnya, kemudian ini juga bisa meningkatkan kesehatan, dan merupakan gaya hidup yang baru. Juga yang menurut saya sangat positif,” ucap Taufik.

Namun demikian, dia meminta Kapolri agar dapat membuat kebijakan yang adil yang bisa memenuhi seluruh hak pengguna jalan. 

"Tapi memang ada semacam permasalahan di jalan yang menurut saya baik itu para pesepeda maupun masyarakat pengguna jalan. Ini harus diberikan fasilitas yang adil, yang bisa membuat semua terpenuhi hak-haknya untuk dibuat pengaturan-pengaturan yang jelas," urai Taufik.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Harits Tryan Akhmad
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US